Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Maag

15 Mei

Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Maag,- Memasuki bulan puasa, beberapa hal berubah termasuk pola makan. Biasanya seseorang bisa makan tiga kali sehari atau lebih, namun saat puasa menjadi dua kali sehari. Selama kurang lebih 14 jam, perut tidak terisi apapun hingga tiba saatnya berbuka.

Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita MaagPuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban bagi umat islam. Namun banyak dari penderita maag ataupun asam lambung yang merasa khawatir dan takut untuk berpuasa selama bulan Ramadhan. Alasannya adalah karena takut kalau maag yang dideritanya kambuh jika berpuasa. (Baca juga: Pertolongan Pertama Saat Sakit Maag Kambuh)

Penyakit maag memang identik dengan pola makan yang tidak teratur/sering terlambat makan, mengkonsumsi makanan/minuman yang dapat meningkatkan asam lambung dan juga stres. Namun, jika pengaturan pola makan yang baik akan sangat membantu penyembuhan penyakit maag. Terkait dengan pola makan, bagaimana jika penderita maag ingin menjalankan puasa ? Apakah akan menyembuhkan atau memperparah kondisi maag ?

Secara umum penderita maag dan gangguan asam lambung ragu untuk berpuasa karena khawatir penyakit maagnya kembali kambuh. Tapi ternyata, puasa justru bisa menyembuhkan sakit maag seseorang.

Sebenarnya orang yang memiliki sakit maag tidak memiliki alasan untuk meninggalkan puasa karena berdasarkan penelitian, puasa tidak berakibat buruk pada penyakit maag seseorang, sebaliknya puasa bisa sangat bermanfaat untuk mencegah maag dan mengurangi peradangan dalam lambung.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag akut maupun kronis dan ingin berpuasa, sebaiknya simak tips agar kuat berpuasa berikut ini. Berikut adalah ulasannya.

Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Maag

  1. Saat sahur, pilihlah makanan yang dapat dicerna dengan lambat. Tujuannya agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.
  2. Saat berbuka puasa, segerakanlah berbuka. Mulailah dengan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang kecil setelah itu baru mengkonsumsi makanan kompleks. Konsumsi makanan lebih baik diatur dengan cara mengonsumsinya dalam porsi yang kecil namun sering dibandingkan dengan sekaligus makan dengan porsi besar.
  3. Konsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan serat, kalium, karbohidrat dan magnesium, seperti kurma dan kacang almond serta pisang. Jenis makanan ini sangat baik untuk tubuh ketika berpuasa.
  4. Cukupi kebutuhan air putih setiap harinya dengan mengkonsumsi sekitar 1.5-2 liter perhari (setara dengan 8-12 gelas) atau dapat disesuaikan kembali dengan aktivitas dan lingkungan Anda.
  5. Hindari makanan yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, seperti jenis sayuran (sawi dan kol), buah-buahan (nangka dan pisang ambon), makanan berserat seperti (kedongdong dan buah yang dikeringkan). Hindari juga jenis makanan berlemak (kue tart, cikelat, gorengan dan keju), makanan yang merusak dinding lambung (makanan pedas, cuka dan merica) dan beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, jagung, dodol, ubi, singkong dan talas.
  6. Hindari konsumsi minuman yang mengandung gas, kafein, sari buah citrus, susu full cream dan minuman beralkohol.
  7. Penderita maag disarankan untuk menghindari tidur setelah sahur karena langsung tidur setelah makan dapat meningkatakan sekresi asam lambung dan gerak peristaltik pankreas.

Itulah beberapa tips aman berpuasa bagi penderita maag yang bisa Anda terapkan agar puasanya lancar dan aman.

Bagi Anda penderita maag dan ingin sembuh total dari penyakit maag atau gangguan asam lambung, kini telah hadir produk herbal berkualitas tinggi yakni QnC Jelly Gamat.

Apa Itu QnC Jelly Gamat ?

QnC Jelly Gamat adalah produk herbal berkualitas tinggi yang memiliki khasiat luar biasa dalam membantu mengatasi berbagai macam penyakit termasuk penyakit maag yang sedang Anda derita saat ini. Sangat tepat sekali jika dijadikan sebagai obat herbal maag untuk bulan puasa.

Berbahan dasar teripang emas kualitas terbaik untuk pengobatan dengan kriteria fresh, besar serta warna hasil ekstraksi yang sama. Terlah terbukti AMPUH berdasarkan KISAH NYATA dan TESTIMONI dalam membantu mengatasi, mengobati dan menyembuhkan penderita penyakit maag serta gangguan asam lambung. 100% AMAN TANPA EFEK SAMPING.

Info lebih Lengkap, Kunjungi >> Obat Herbal Maag Akut

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat…

Posted by: Penyakit Tipes

Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Maag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *