Tanaman Obat Untuk Demam Berdarah

28 Okt

Tanaman Obat Untuk Demam Berdarah,- Penyakit demam berdarah dapat berakibat fatal jika terlambat ditangani. Penyakit ini akan menyerang di musim penghujan dan biasanya ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Menurut WHO, dalam setiap tahunnya ada sedikitnya 50-100 juta kasus infeksi demam berdaarah di berbagai belahan dunia. (Baca juga: Penyebab Demam Berdarah, Gejala Demam Berdarah)

Tanaman Obat Untuk Demam Berdarah

Tanaman Obat Untuk Demam Berdarah

Selain dengan obat atau resep dokter, demam berdarah juga dapat diatasi dengan ramuan herbal dari tanaman obat. Berikut adalah beberapa tanaman obat yang berkhasiat untuk mengobati demam berdarah secara alami, antara lain:

1. Daun Pepaya Gandul

Pepaya gandul adalah satu diantara tanaman obat tradisional yang dipercaya mampu mengatasi penyakit demam berdarah karena beberapa senyawa yang tekandung di dalamnya. Pepaya dipercaya mengandung beberapa senyawa yang bekhasiat diantaranya adalah kontinin, miosmin, glikosida, karposid, karpain, dan papain. Sedangkan bagian pepaya yang memiliki keefektifan dalam menangani demam berdarah adalah terletak pada bagian daunnya. Hasil penelitian bilang, papain pada daun pepaya memiliki efek terapi pada penderita inflamasi atau pembengkakan organ hati, mata, kelamin, dan usus halus.

2. Meniran

Meniran atau dengan nama ilmiah Phyllanthus Niruri ini memiliki banyak khasiat, terutama sebagai antivirus. Meniran mengandung senyawa flavonoid, tanin, triterpenoid dan asam fenoleat. Meniran berkhasiat untuk mengobati penyakit demam berdarah. Selain itu, meniran berfungsi sebagai anti diare, anti-fungi, dan penyakit gastrointestinal.

3. Kunyit

Sama halnya dengan Meniran, kunyit atau nama latinnya Curcuma domestica ini juga bermanfaat untuk mengobati demam berdarah. Di samping itu, kunyit juga memiliki khasiat lainnya seperti anti-mikroba, anti-virus HIV, antioksidan, anti-tumor, anti-invasi sel kanker, menghambat perkembangan tumor payudara, dan juga mengobati penyakit pencernaan.

4. Jambu Biji

Para ahli mengatakan bahwa jambu biji atau jambu klutuk yang memiliki daging berwarna merah adalah alat alami untuk menaikkan trombosit (sel darah putih) yang sangat dibutuhkan oleh penderita DBD. Oleh karena itu, dokter sering memberikan saran kepada pasien yang dalam fase pemulihan untuk rajin penuhi cairan juga sekaligus memperbanyak produksi trombosit dengan minum jus jambu biji secara rutin.

5. Sari Buah Kurma

Sari buah kurma juga merupakan alternatif untuk membantu meningkatkan produksi trombosit yang banyak berkurang karena virus dangue. Trombosit yang berkurang atau lemah dapat mengancam nyawa. Oleh sebab itu, jika Anda terserang DBD, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan jumlah trombosit seperti sari buah kurma.

(* Buah Untuk Demam Berdarah

6. Temu Ireng

Temu ireng juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit akibat kerusakan sel-sel hati yang biasanya terjadi pada penderita demam berdarah. Selain itu, Temu ireng memiliki manfaat lainnya seperti untuk mengobati luka lambung dan usus, penyakit asma, batuk, menambah nafsu makan, mencegah terjadinya obesitas, rematik, dan lainnya.

7. Air Kelapa

Bagi penderita demam berdarah yang ingin sembuh secara alami, obat herbal atau alami lainnya yang dapat diperoleh dan digunakan dengan mudah adalah air kelapa. Air kelapa adalah obat yang baik dan efektif karena diyakini pula mampu mendetoksifikasi tubuh sehingga seluruh racun dapat dibuang.

Selain dengan tanaman diatas, kini telah hadir produk herbal kesehatan dari Teripang Emas yang TERBUKTI AMPUH mengatasi demam berdarah sampai tuntas dengan Reaksi Cepat, yakni QnC Jelly Gamat. Produk herbal QnC Jelly Gamat merupakan ramuan herbal yang berbentuk cairan kental seperti madu yang beraroma khas dengan rasa tawar atau original. Namun bagi Anda yang tidak suka dengan aroma QnC Jelly Gamat yang original, kini hadir varian baru dari produk teripang emas dengan rasa dan bentuk yang berbeda dari produk teripang emas QnC Jelly Gamat sebelumnya. Produk baru tersebut adalah G-Sea Jelly Gamat Rasa Jeruk dan Gamat Emas Kapsul Walatra.

Itulah tanaman obat untuk demam berdarah yang dapat Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat..

Tanaman Obat Untuk Demam Berdarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *