Perawatan Setelah Operasi Ablasio Retina

21 Mar

Perawatan Setelah Operasi Ablasio Retina,- Retina adalah lapisan dalam di bagian belakang bola mata yang mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi gambar yang dikirim ke otak. Retina dapat mengelupas dan membuat pandangan menjadi kabur, berbayang bahkan berbahaya.

Jika retina sudah robek, penanganan yang mungkin diberikan dokter adalah operasi. Prosedur operasi dapat dilakukan bersama dengan photocoagulation atau cryopexy. (Baca juga: Biaya Operasi Ablasio Retina)

Retina yang sudah dipasang kembali juga tidak menjamin penglihatan Anda menjadi normal. Seberapa baik penglihatan Anda pasca operasi bergantung pada kondisi bagian tengah retina (makula) yang dipengaruhi oleh detasemen sebelum operasi. Pemulihan mata setelah operasi ablasio retina mungkin memakan waktu beberapa bulan.

Dibawah ini adalah beberapa tips perawatan pasca operasi ablasio retina yang bisa Anda lakukan untuk membantu mempercepat proses pemulihan ablasio retina.

https://3.bp.blogspot.com/-KngspQAKf34/WrIFAC7e_pI/AAAAAAAAGAU/VbGw1b0tLaI75tOAhYPwSLNW3kLG2aGVwCLcBGAs/s1600/37.jpgPerawatan Setelah Operasi Ablasio Retina

1. Hindari kegiatan yang berhubungan dengan mata

Sebaiknya pasca melakukan operasi Anda menghindari kegiatan yang memang akan sangat berhubungan dengan mata dan membuat mata Anda kelelahan misalnya saja jangan dulu bermain handphone atau komputer agar tidak menjadi penyebab kebutaan mata.

2. Melakukan olahraga

Bagian mata Anda memang sedang bermasalah namun tubuh Anda tetap dalam keadaan sehat sebaiknya Anda melakukan olahraga karena hal tersebut juga bisa membantu mata Anda semakin lebih baik.

3. Mengenakan kacamata saat akan keluar

Untuk sementara waktu sebaiknya Anda juga memakai kacamata saat ingin bepergian. Jangan biarkan mata mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung karena hal tersebut malah membuat mata Anda akan lama dalam proses penyembuhannya dan bisa saja mata Anda malah mengalami gangguan lebih parah.

4. Lindungi mata dari air

Anda juga sangat dianjurkan untuk melindungi mata dari air. Hindari juga aktivitas yang memang banyak memakan waktu di air, seperti berenang. Bahkan saat Anda ingin mencuci muka pun sebaiknya Anda juga sangat berhati-hati. Manfaatkan kacamata anti air akan lebih baik untuk menghindari adanya cipratan air pada mata dan melindungi mata secara utuh.

Sebaiknya Anda juga mengubah rutinitas mandi Anda. Daripada memercikan air ke dalam wajah Anda lebih baik Anda membasahi kain kemudian diusap lembut ke bagian wajah. Dengan dengan begitu Anda akan sangat aman untuk membasuh mata Anda tanpa memberikan banyak air pada muka namun tetap bisa dalam keadaan yang sangat bersih. Bagi yang baru saja melakukan operasi katarak sebaiknya Anda menghindari makanan yang dilarang untuk penderita katarak

5. Hindarilah pemakaian kosmetik untuk sementara waktu

Saat baru saja melakukan operasi perlindungan mata harus menjadi prioritas paling utama. Sebaiknya untuk sementara waktu Anda juga bisa menghindari pemakaian kosmetik di bagian wajah terutama yang sangat menyinggung dengan bagian mata Anda.

Karena ditakutkan ada kosmetik yang masuk ke dalam mata dan mengakibatkan iritasi tambahan pada mata. Akibatnya mata Anda bukannya semakin membaik malah semakin memburuk karena pelembab yang masuk ke dalam mata.

6. Berdiam diri di rumah selama proses penyembuhan

Anda juga sebaiknya berdiam diri di rumah untuk sementara waktu selama proses penyembuhan. Hal ini sangatlah penting mengingat di luar rumah akan banyak hal yang bisa mengganggu kondisi mata Anda. Tidak akan lama, sampai masa penyembuhan selesai dan mata Anda mulai membaik Anda sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

7. Ikuti larangan yang disarankan dokter

Dokter juga biasanya akan memberikan larangan tertentu pasca melakukan operasi. Hal ini tentu saja bertujuan agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat. Walaupun hanya sekedar makanan sebaiknya Anda jangan menyepelekannya karena bisa saja hal tersebut akan berpengaruh besar pada proses penyembuhan mata Anda. Sebaiknya Anda juga mengkonsumsi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Untuk mempercepat proses penyembuhan pasca operasi, kami rekomendasikan Anda untuk mengkonsumsi suplemen khusus mata yakni Walatra Sehat Mata Softgel, yaitu vitamin khusus mata yang terbuat dari 100% bahan herbal alami yang memliliki manfaat yang luar biasa dalam mengatasi dan mengobati berbagai penyakit mata termasuk penyakit ablasio retina.

Itulah beberapa tips perawatan setelah operasi ablasio retina yang dapat Anda lakukan agar bisa cepat pulih dan sembuh. Semoga bermanfaat…

Baca juga:

Obat Herbal Ablasio Retina

Ketahui Penyebab dan Jenis Ablasio Retina !!

by: Penyakit Tipes

Perawatan Setelah Operasi Ablasio Retina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *