Penyebab Penyakit TBC

3 Mei

Penyebab Penyakit TBC,- TBC atau Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. TBC biasanya menyerang paru-paru, namun bisa juga menyebar ke tulang, kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, jantung, dan organ lainnya.

TBC termasuk dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia. Data WHO menunjukkan bahwa pada tahun 2015, Indonesia termasuk dalam 6 besar negara dengan kasus baru TBC terbanyak.

Berdasarkan data dariĀ World Health Organization (WHO), pada tahun 2015, sebanyak 10,4 juta penduduk dunia terserang TBC dan 1,8 juta penduduk dunia meninggal karena penyakit ini. Pada tahun yang sama pula, sebanyak 1 juta anak kecil di seluruh dunia mengidap TBC dan 170.000 diantaranya meninggal.

Penyebab Penyakit TBCTBC dibedakan menjadi 2 jenis yaitu TBC laten (tidak aktif) dan TBC aktif. Pada TBC laten, bakteri yang tinggal pada tubuh dalam keadaan tidak aktif dan tidak menimbulkan gejala serta menularkannya pada orang lain. Namun, bakteri ini dapat aktif kapanpun mereka mau. Sedangkan TBC aktif, bakteri tersebut menimbulkan gejala TBC dan bakteri ini menyebabkan penderita dapat menularkan TBC ke orang lain.

Para ahli berasumsi hampir sebanyak 1/3 populasi dunia menderita TBC laten. Ada kemungkinan hingga 10% bahwa bakteri pada tubuh tersebut akan aktif. Namun, risikonya akan menjadi lebih tinggi pada seseorang dengan sistem imun rendah, seperti penderita HIV, malnutrisi, atau orang yang merokok.

TBC paling sering menyerang paru-paru dengan gejala klasik berupa batuk, berat badan turun, tidak nafsu makan, demam, keringat di malam hari, batuk berdarah, nyeri dada, dan lemah. Jenis batuk juga bisa berdahak yang berlangsung selama lebih dari 21 hari.

Penyebab Penyakit TBC

Penyebab tuberkulosis adalah Mycobacterium tuberculosis. Basil tersebut menyebar di udara melalui semburan titik-titik air liur dari batuk pengidap TB aktif. Bakteri ini merupakan basil yang bersifat tahan asam sehingga jika seseorang telah terinfeksi bakteri ini memerlukan waktu yang relatif lama untuk proses penyembuhan.

Meski demikian, penularan TB tidaklah semudah penyebaran pilek atau flu karena umumnya membutuhkan beberapa waktu. Makin lama seseorang terpapar atau berinteraksi dengan penderita TB, risiko penularan akan makin tinggi.

Orang yang Rentan Terkena TBC

Tidak semua penderita TBC akan menularkan penyakit mereka. Anak-anak atau orang dewasa penderita TBC tidak akan menularkan TBC jika bagian yang terinfeksi bukan paru-paru.

Seseorang memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang penyakit TBC apabila:

  1. Tinggal di daerah dengan penderita TBC yang tinggi.
  2. Sering dan berhubungan secara jangka panjang dengan penderita TBC.
  3. Tinggal di lingkungan padat penduduk.
  4. Memiliki sistem imun rendah, misalnya penderita HIV.
  5. Sedang melakukan pengobatan yang dapat melemahkan sistem imun, misalnya seperti kemoterapi.
  6. Seseorang yang sangat muda atau sangat tua. Sistem imun seseorang yang masih muda atau terlalu tua lebih rendah daripada sistem imun orang dewasa yang sehat.
  7. Memiliki kesehatan yang buruk atau melakukan diet yang buruk akibat gaya hidup atau masalah lain, seperti penyalahgunaan obat-obatan, kecanduan narkoba, atau tidak memiliki rumah (tunawisma).

Pengobatan dan Pencegahan Tuberkulosis

Penyakit yang tergolong serius ini dapat disembuhkan jika diobati dengan benar. Apabila tidak diobati, bakteri TB dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan berpotensi mengancam jiwa pengidap.

Sementara langkah utama untuk mencegah TB adalah dengan menerima vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin). Di Indonesia, vaksin ini termasuk dalam daftar imunisasi wajib dan diberikan sebelum bayi berusia 2 bulan. Selain pemberian vaksin, Anda juga harus mengkonsumsi makanan sehat dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. (Baca juga: Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita TBC)

Tapi bagi Anda yang menginginkan penyembuhan secara alami tanpa efek samping, kini sudah banyak alternatif alami untuk membantu mengobati tbc, salah satunya dengan ekstrak teripang. Informasi lebih lengkap dapat Anda simak di artikel >> Obat Herbal TBC

Penyebab Penyakit TBC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *