Penyebab Penyakit Cacar Air dan Penularannya

22 Sep

Penyebab Penyakit Cacar Air dan Penularannya,- Penyakit cacar air merupakan salah satu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini umumnya diderita oleh anak-anak berusia di bawah 10 tahun. Namun bisa juga menyerang orang dewasa dan umumnya gejala yang muncul lebih berat daripada anak-anak.

Penyebab Penyakit Cacar Air dan Penularannya

Penyebab Penyakit Cacar Air dan Penularannya

Penyebab cacar air adalah virus Varisela-zoster, dimana virus ini akan menimbulkan ruam pada kulit berbentuk bintik-bintik kecil berwarna merah yang menyebabkan rasa gatal dan bahkan membuat kulit terasa seperti melepuh. Karena penyebabnya virus inilah yang menyebabkan cacar air mudah menular dan cepat menyebar melalui udara dan kontak langsung dengan penderita.

Adapun cara penularan virus penyebab cacar air ini sebagai berikut:

Melalui Saluran Pernapasan: Virus Varisela-zoster ini akan menyebar melalui udara. Penularan ini sering terjadi melalui saluran pernapasan yaitu melalui bersin, batuk, air liur, selaput lendir yang terdapat pada mulut dan hidung.

Cairan pada Vesikel: Penularan cacar air juga dapat menyebar lewat cairan yang terdapat pada vesikel (gelembung berisi cairan pada kulit). Cairan pada vesikel yang pecah akan merembes keluar dan mengandung banyak virus sehingga dapat menular.

Virus cacar air dapat menyebar mulai 1 – 2 hari sebelum munculnya ruam pada orang yang terinfeksi, sampai semua lepuh membentuk keropeng.

Baca juga: Ciri-Ciri Penyakit Cacar Air

Cara Mencegah Penularan Cacar Air

Berikut adalah cara efektif untuk mencegah cacar air, antara lain:

1. Isolasi

Seseorang yang mengalami cacar air tidak boleh bertemu dengan banyak orang. Terutama jika penderita adalah anak-anak, maka sebaiknya anak tersebut tidak masuk sekolah untuk sementara. Sedangkan jika orang dewasa, maka harus libur bekerja. Untuk melanjutkan kembali aktivitas, Anda bisa menunggunya selama 7 hari yang ditandai dengan gelumbung cacar air kempes dan pecah dengan sendirinya dan tertutup oleh keropeng atau lapisan kulit mati yang tebal.

2. Menjaga Kebersihan

Kasus yang paling sering muncul adalah kurangnya menjaga kebersihan. Cara paling mudah adalah dengan menjaga kebersihan, misal dengan mengganti secara rutin baju kotor, sprei, serta bantal yang digunakan. Disarankan untuk pencucian pakaian kotor penderita menggunakan larutan sterilisasi.

3. Vaksinisasi

Pencegahan yang paling banyak dilakukan adalah dengan menggunakan vaksinisasi. Menurut perkiraan CDC (Centers for Disease Control and Prevention) vaksin ini mampu bekerja sebagai pelindung anak-anak dari cacar air sebesar hampir 90%. Jika anak yang sudah diberi vaksin namun masih terkena, maka setidaknya vaksin ini bekerja sebagai pengurang keparahan penyakit.

4. Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat adalah hal sangat penting dan krusial. Karena kesehatan seseorang tergantung pada konsumsi dan pola hidup ia sehari-harinya. Apalagi pada pola makan yang teratur serta cukup gizi dan nutrisi. Untuk itu pastikan anda mengkonsumsi selalu buah dan sayuran disetiap menu makanan Anda.

5. Olahraga yang Cukup

Hidup sehat tak lari dari kebiasaan olahraga. Sempatkan selama 10-20 menit di pagi hari untuk lari-lari setiap 3 hari sekali. Fungsinya untuk membiasakan olahraga. Hal ini bukan hanya membuat Anda tampak fit, namun diri Anda juga nampak segar kembali.

6. Istirahat yang Cukup

Selain itu, usahakan Anda tidak bekerja terlalu keras, atau bermain terlalu lama. Kebiasaan begadang sangat tidak baik. Selain mengurangi efektivitas pola tidurmu, malam hari itu diciptakan untuk tubuh tidur. Selama waktu tidur itulah tubuh akan membuat sistem imun agar tubuh Anda kembali fit dan segar lagi.

Seseorang yang mengalami cacar air biasanya akan sembuh dalam waktu 10 hari sampai 21 hari. Sedangkan bekas luka akan hilang selama 14 hari berikutnya. Dalam waktu itu, penderita harap lebih menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengkonsumsi buah, sayur dan menjaga pola tidur.

Untuk membantu proses penyembuhan luka, penderita cacair air dapat memanfaatkan khasiat dari bahan-bahan alami agar luka cepat mengering, mengelupas, dan tidak meninggalkan bekas luka. QnC Jelly Gamat obat herbal cacar air bisa menjadi alternatif untuk mempercepat penyembuhan luka cacar air dari dalam dan luar secara alami tanpa menimbulkan efek samping pada tubuh.

Demikian informasi mengenai penyebab penyakit cacar air dan penularannya yang perlu diketahui. Dengan mengetahui hal tersebut, semoga kita semua dapat terhindar dari penyakit cacar air.

Salam sehat, by:

www.penyakittipes.web.id

Penyebab Penyakit Cacar Air dan Penularannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *