Penyebab Terjadinya Mata Silinder

16 Feb

Penyebab Terjadinya Mata Silinder,– Mata silinder atau dikenal istilah astigmatisma merupakan suatu kondisi yang mengacu pada penglihatan kabur dan berbayang akibat bentuk kornea atau lensa dengan kelengkungan yang tidak sempurna. Mengapa hal ini bisa terjadi dan apa penyebabnya?

Penyebab Terjadinya Mata SilinderMata silinder dapat dialami oleh siapa saja pada semua usia, namun pada usia remaja cenderung lebih banyak dan umumnya hanya mengenai salah satu mata saja. Ketika memasuki usia dewasa muda tingkat minus dari lensa silinder dapat menurun atau justru meningkat, tergantung dari pemeliharaan kesehatan mata dan bertambahnya usia.

Mata memiliki beberapa bagian yang berperan penting agar mata bisa melihat dengan baik. Salah satunya adalah sistem optik mata yaitu kornea dan lensa mata. Kedua optik mata tersebut berfungsi dalam membuat cahaya yang masuk terfokus membentuk gambar yang sempurna di retina.

Faktor Penyebab Mata Silinder

Pada penderita mata silinder, kornea dan lensa mata mengalami ketidaksempurnaan bentuk sehingga cahaya yang masuk dari kornea tidak difokuskan pada satu titik di retina akibatnya penglihatan menjadi kabur.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab mata silinder, antara lain:

  • Radiasi Cahaya

Kebiasaan buruk sering menggunakan mata melebihi kemampuannya yaitu dengan memaksa mata untuk tetap aktif melihat padahal mata Anda sudah lelah, dapat menjadi penyebab awal mata silinder, terutama akibat radiasi cahaya dari sinar radiasi TV, cahaya monitor komputer. Penyebab mata silinder lain yang tidak disadari adalah membaca dalam pencahayaan yang lebih atau kurang terang, membaca sambil tiduran dan sering begadang.

  • Faktor Keturunan

Faktor keturunan meruapakan salah satu penyebab utama timbulnya suatu jenis penyakit, termasuk mata silinder ini. Penelitian menyebutkan bahwa kebanyakan penderita mata silinder memiliki faktor keturunan pada keluarganya yang pernah atau sedang menggunakan kacamata silinder.

  • Penyakit Mata Tertentu

Beberapa penyakit tertentu yang dapat menimbulkan pembengkakan, penipisan atau perubahan bentuk pada kornea seperti keratoconus (kornea yang membentuk kerucut), infeksi yang mengakibatkan jaringan parut pada kornea, ptosis (kelopak mata menggantung), sering bisulan di sekitar mata, pasca operasi mata, trauma mata dapat menjadi penyebab mata silinder.

  • Kekurangan Asupan Vitamin

Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk mata. Mata sebagai salah indera tubuh yang sangat penting memerlukan vitamin A untuk menjaga kesehatannya. Selain asupan nutrisi, protein dan lemak yang seimbang juga tidak kalah penting bagi kornea mata. (Baca juga: Vitamin Mata Alami)

Gejala Mata Silinder

Mata silinder termasuk penyakit mata yang sangat mengganggu. Seseorang yang memiliki mata silinder pada kornea atau lensa mata, sinar sejajar yang masuk ke mata tidak dapat dibiaskan dengan kekuatan sama pada seluruh bidang pembiasan, sehingga fokus benda pada retina tidak pada satu titik. Akibatnya objek yang terlihat akan membentuk sebuah lengkungan baik dilihat pada jarak dekat maupun jauh.

Penyebab Terjadinya Mata SilinderSelain itu, tanda dan gejala umum lainnya adalah penglihatan kabur atau berbayang. Penderitanya sering memicingkan mata pada saat melihat jauh maupun dekat, kesulitan membaca tulisan kecil, sakit kepala, mata tegang dan lelah setelah membaca atau menggunakan komputer.

Pada silinder yang ringan, gangguan penglihatan mungkin tidak tampak secara nyata, begitu juga pada anak-anak, bahkan kemungkinan besar mereka tidak akan menyadarinya.

Apakah Mata Silnder dapat Diobati?

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata Anda pengobatan apa yang tepat diambil dan sesuai dengan kondisi mata silinder Anda. Biasanya silinder dapat ditangani dengan pemakaian kacamata atau lensa kontak. Namun, jika silinder masih dalam tingkat ringan, sebaiknya tidak menggunakan alat bantu tersebut.

Cara lain yang bisa menjadi pilihan untuk menangani mata silinder adalah dengan operasi laser untuk mengubah bentuk kornea Anda. Terdapat beberapa jenis operasi laser yang bisa Anda pilih seperti operasi LASIK, LASEK dan photorefractive keratectomy (PRK). Untuk mengetahui mana yang tepat untuk Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata Anda.

Selain dengan cara diatas, kami merekomendasikan Anda obat mata silinder alami TANPA OPERASI. Terbuat dari 100% bahan herbal alami pilihan berkualitas tinggi yang diproses menggunakan NANO TECHNOLOGY, sehingga kandungan di dalamnya lebih mudah dan cepat diserap oleh tubuh.

Demikianlah informasi mengenai penyebab terjadinya mata silinder yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung…

Baca juga:

Walatra Sehat Mata Softgel

Tips Ampuh Mengurangi Mata Minus

Manfaat Buah Bluberry

Penyebab Terjadinya Mata Silinder

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *