Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya

3 Nov

Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya,- Diare merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan tinja encer saat buang air besar dengan frekuensi lebih sering dari biasanya. Apakah Anda tahu faktor apa saja yang dapat menyebabkan seseorang mengalami diare? Mengetahui penyebab diare sangat penting karena ini akan sangat membantu dalam pengobatan agar cepat sembuh dan sebagai langkah pencegahan agar tidak terulang kembali.

Penyebab Diare dan Cara MengatasinyaPada orang dewasa, diare biasanya terjadi ringan dan tidak menimbulkan bahaya, namun hal ini berpotensi lebih berbahaya jika terjadi pada anak-anak, salah satu komplikasi yang terjadi adalah dehidrasi, syok, dan berlanjut dengan kematian.

Penyebab Penyakit Diare

Secara garis besar, diare dibagi menjadi 2 jenis, yaitu diare akut dan kronis.

Penyebab Diare Akut

Disebut diare akut karena gejala yang berlangsung tidak lebih dari 2 minggu. Penyebab diare akut adalah:

  • Infeksi Virus: Jenis virus yang paling umum adalah norovirus pada dewasa, sedangkan rotavirus pada anak-anak.
  • Infeksi Bakteri: Jenis bakteri yang paling umum adalah enterotoksigenik Escherichia coli (ETEC).
  • Infeksi Parasit: Penyebab umum diare akut ini dapat masuk ke saluran cerna ketika seseorang mengkonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi.

Penyebab Diare Kronis

Disebut diare kronis karena berlangsung lebih dari 4 minggu. Sama halnya dengan diare akut, diare kronis juga memiliki penyebab yaitu:

  • Infeksi paling sering disebabkan oleh parasit.
  • Malabsorpsi dan diare osmotik (yang menghasilkan terlalu banyak air yang diserap ke usus), seperti penyakit Celiac dan intoleransi laktosa.
  • Radang usus
  • Iskemia usus (aliran darah berkurang ke usus)
  • Menjalani terapi kanker, seperti radiasi
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antibiotik

Cara Mengatasi Diare

Sebagian besar kasus diare akan sembuh secara spontan dalam beberapa hari. Akan tetapi tujuan dari cara mengatasi diare disini yaitu untuk membantu mengatasi tanda-tanda dan gejala yang berdampak buruk.

Hal paling utama untuk mengatasi diare adalah konsumsi banyak cairan untuk mengganti cairan yang hilang, minumlah 2-3 liter cairan setiap hari hingga diare benar-benar pulih. Jangan hanya minum air putih, karena itu tidak bisa menggantikan garam atau nutrisi yang hilang selama diare. Oleh karena itu cairan pilihan terbaik adalah kaldu, teh dengan madu, minuman oralit dan jus buah.

Disamping mengkonsumsi cairan, kini sudah banyak tersedia di apotek dan toko obat, obat-obatan yang dapat membantu diare. Namun disini kami sarankan Anda untuk mengkonsumsi obat herbal alami yang sudah terbukti khasiatnya dalam mengatasi diare sampai tuntas tanpa efek samping, obat herbal tersebut adalah QnC Jelly Gamat. Mengapa harus QnC Jelly Gamat?

QnC Jelly Gamat adalah obat herbal terobosan terbaru yang MULTIKHASIAT yang terbuat dari Teripang Emas yang dipadukan dengan bahan alami lainnya seperti Sweetener Stevia, Essen Natural, Pengemulsi Nabati, Air RO, serta Ekstrak Buah & Sayur tanpa tambahan bahan kimia sedikitpun sehingga aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. (100% ALAMI dan 0% KIMIA).

Penyebab Diare dan Cara MengatasinyaDemikianlah informasi mengenai penyebab diare dan cara mengatasinya yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya…

Salam sehat..

Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *