Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Cara Pencegahannya

6 Okt

Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Cara Pencegahannya,- Penyakit demam berdarah banyak terjadi di seluruh dunia, terutama didaerah tropis dan subtropis dengan curah hujan tinggi dan lembab. Indonesia dan Asia Tenggara merupakan wilayah yang umumnya banyak terjangkit penyakit ini. Menurut WHO terdapat sekitar 50-100 juta kasus infeksi virus dengue per tahun di berbagai belahan dunia.

Demam berdarah atau demam dengue merupakan penyakit yang membuat suhu tubuh penderita menjadi sangat tinggi dan umumnya disertai dengan sakit kepala, nyeri sendi, otot, tulang, serta nyeri di bagian belakang mata.

Penyebab Demam Berdarah

Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Cara Pencegahannya

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan kepada manusia melalui perantara nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Tidak seperti nyamuk-nyamuk yang pada umumnya mencari makan di malam hari, Aedes aegypti dan Aedes albopictus umumnya menggigit di pagi hari sampai sore hari menjelang petang.

Jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus sering ditemukan pada air selokan yang tidak mengalir, kolam, waduk, atau kamar mandi di rumah kita. Itu artinya serangga ini menjadikan air yang tenang sebagai media untuk berkembang biak.

Nyamuk demam berdarah tersebut membawa virus dengue pasca menghisap darah orang lain yang sudah terinfeksi virus dengue sebelumnya. Setelah masa inkubasi virus di dalam tubuh nyamuk selama 8-10 hari, nyamuk yang terinfeksi akan mentransfer virus dengue ke manusia sehat yang digigitnya.

Jangan anggap remeh demam berdarah, karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Tindakan pencegahan dan selalu waspada terhadap penyakit ini dan melindungi Anda dan keluarga dari bahaya penyakit demam berdarah.

Cara Mencegah Demam Berdarah

Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Cara Pencegahannya

Cara untuk mencegah demam berdarah adalah dengan menghindari gigitan nyamuk sebagai perantara virus. Berikut adalah cara-cara untuk menghindari diri dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus sebagai perantara virus dengue, antara lain:

  • Mensterilkan ruangan rumah dengan pembasmi serangga.
  • Berkoordinasi dengan warga lingkungan tempat tinggal untuk melakukan fogging guna membasmi sarang nyamuk.
  • Bergotong royong bersama para tetangga untuk membersihkan selokan-selokan serta membuang sampah-sampah yang bisa menampung air sebagai media bertelur oleh nyamuk.
  • Membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate agar jentik-jentik nyamuk mati.
  • Menutup, menyingkirkan atau mengubur media-media kecil penampung air lainnya yang ada di rumah Anda.
  • Memasang kawat antinyamuk di seluruh ventilasi rumah Anda.
  • Memasang kelambu di ranjang tidur Anda.
  • Memakai losion antinyamuk, terutama yang mengandung N-diethylmetatoluamide (DEET) yang terbukti efektif. Namun jangan gunakan produk ini di sekitar bayi yang masih berusia di bawah dua tahun.
  • Mengenakan pakaian yang cukup bisa melindungi Anda dari gigitan nyamuk.

Bila Anda terkena demam berdarah dan ingin melakukan pengobatan demam berdarah secara alami, kami rekomendasikan dengan mengkonsumsi QnC Jelly Gamat yang terbukti Ampuh dalam mengatasi, mencegah, mengobati bahkan menyembuhkan demam berdarah dengan tuntas tanpa efek samping. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa kunjungi >> Obat Herbal Demam Berdarah

Demikianlah penyebab penyakit demam berdarah dan cara pencegahannya yang Anda waspadai dan ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat…

Salam sehat, by:

www.penyakittipes.web.id

Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Cara Pencegahannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *