Penyebab dan Gejala Penyakit Pterigium

30 Mar

Penyebab dan Gejala Penyakit Pterigium,- Pterygium atau dikenal sebagai “surfer’s eye” adalah penyakit mata yang ditandai dengan tumbuhnya selaput berwarna merah muda pada permukaan bola mata.

Kondisi ini sering muncul pada dewasa muda berusia 20 – 40 tahun dan jarang terjadi pada anak-anak. Pterigium lebih umum terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita.

Penyakit nonkanker ini dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata sekaligus dan jarang menyebabkan komplikasi berbahaya. Namun jika terus tumbuh dan dibiarkan begitu saja, pterigium bisa menyebar/meluas sampai menutupi pupil mata sehingga mengganggu penglihatan penderitanya.

Penyebab dan Gejala Penyakit PterigiumPenyebab Pterigium

Penyebab di balik pterygium belum diketahui secara pasti. Namun kondisi ini lebih banyak terjadi pada mereka yang sering melakukan aktivitas luar ruangan.

Paparan sinar matahari, debu, asap, serta angin diduga berpotensi meningkatkan risiko pterygium. Mata yang kering juga diduga bisa menjadi faktor pemicu.

Gejala Pterigium

Pada umumnya, pterigium hanyalah berupa tumbuhnya selaput pada permukaan bola mata tanpa ada keluhan lain. Namun kadang kondisi ini juga dapat disertai oleh gejala lain, yaitu:

  • Pertumbuhan berwarna putih dengan pembuluh darah yang terlihat/menonjol di sudut mata bagian dalam atau luar.
  • Mata merah
  • Iritasi, gatal, atau perih pada mata.
  • Mata kering
  • Terasa seperti ada benda asing di dalam mata
  • Penglihatan buram (pada kasus parah pertumbuhan dapat menutupi kornea pusat atau menyebabkan astigmatisme karena tekanan pada permukaan kornea)

Pengobatan Pterigium

Kondisi ini umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus jika tergolong ringan dan tidak mengganggu penglihatan atau kenyamanan mata. Meski demikian, pasien tetap disarankan untuk menjalani pemeriksaan mata secara berkala guna memantau perkembangannya.

Namun apabila pterygium sudah menghalangi lapangan pandang mata atau mengganggu kenyamanan, dapat ditangani dengan pemberian obat-obatan sesuai resep dokter atau dengan operasi. Namun yang harus Anda ketahui ialah seringkali, pterigium dapat muncul kembali setelah pengangkatan operasi. Jenis operasi yang paling umum digunakan saat ini melibatkan cangkok dari jaringan mata pasien sendiri untuk mengisi ruang kosong yang diciptakan oleh penghapusan pterygium tersebut.

Bagi Anda yang ingin mengobati pterigium secara alami, Anda bisa mengkonsumsi Obat Herbal Pterigium Walatra Sehat Mata Softgel yang diformulasikan secara khusus untuk membantu mengatasi dan menyembuhkan berbagai gangguan pada mata termasuk mata pterigium.

Demikianlah informasi mengenai penyebab dan gejala penyakit pterigum yang harus Anda ketahui sejak dini agar terhindar dari komplikasi berbahaya penyakit mata pterigum. Semoga bermanfaat…

Penyebab dan Gejala Penyakit Pterigium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *