Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Urat Yang Perlu Diketahui

8 Sep

Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Urat Yang Perlu Diketahui,- Asam urat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kadar asam urat dalam darah yang menumpuk dan tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal. Jika kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal, maka akan menumpuk pada sendi dan jaringan.

Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Urat Yang Perlu Diketahui

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh adanya kristal asam urat yang menumpuk pada jaringan ikat, yaitu ruang yang berada antara dua tulang atau yang berada dalam tulang itu sendiri. Asam urat kemudian akan berkumpul dan mengkristal pada persendian yang selanjutnya mengakibatkan tanda-tanda dan gejala peradangan dan juga pembengkakan atau dalam istilah medisnya disebut juga dengan hyperuricemia.

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang menderita asam urat, yaitu:

1. Gaya hidup: asupan makanan yang mengandung banyak purin seperti daging, makanan laut, makanan dan minuman yang mengandung pemanis (fruktosa), dan konsumsi alkohol.

2. Kondisi tubuh penderita: Obesitas ( kelebihan berat badan), penderita penyakit-penyakit seperti hipertensi, diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung dan ginjal.

3. Penggunaan obat tertentu: pengguna obat-obat seperti diuretic tiazid, niacin, aspirin dosis rendah, obat imunosupresif siklosporin dan tacrolimus.

4. Faktor genetika: Adanya riwayat keluarga yang pernah menderita penyakit asam urat diketahui berpengaruh sangat tinggi terhadap kerentanan seseorang menderita penyakit ini.

5. Faktor usia dan jenis kelamin: Umumnya penyakit ini lebih sering menyerang pria daripada wanita, tetapi saat memasuki usia menopause resiko terserang penyakit ini meningkat pada wanita.

Gejala Penyakit Asam Urat

Berikut adalah tanda atau gejala penyakit asam urat yang sering muncul, antara lain:

  • Sendi terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan, bahkan membengkak, panas dan meradang (berwarna kemerahan).
  • Biasanya persendian terasa nyeri saat bangun tidur (pagi hari) atau malam hari.
  • Nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang.
  • Nyeri terasa di persendian pergelangan kaki, telapak kaki tengah, lutut, pergelangan tangan, jari-jari tangan, dan siku.
  • Jika asam urat sudah parah, Anda akan mengalami kesulitan dan terasa sakit saat bergerak.

Jika gejala asam urat diatas sudah mulai menyerang sebaiknya Anda cukup istirahat, usahakan sendi yang terkena radang terhindar dari berbagai benturan. Kompreslah dengan air es selama 20 menit untuk meringankan rasa nyeri.

Selain dengan menggunakan air es, Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal asam urat yang sudah terbukti secara klinis efektif mengobati asam urat secara alami, aman, tanpa efek samping.

Itulah informasi mengenai penyebab dan gejala penyakit asam urat yang perlu diketahui yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat..

salam sehat, by:

www.penyakittipes.web.id

Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Urat Yang Perlu Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *