Penyebab dan Jenis Ablasio Retina

2 Mar

Penyebab dan Jenis Ablasio Retina,- Ablasio retina adalah kelainan dimana lapisan kerucut dan batang retina terpisah dari koloid yang disebabkan oleh adanya robekan pada retina dan akan menyebabkan retina kekurangan cairan.

Ablasio retina merupakan gangguan pada mata yang serius dan paling umum terjadi pada orang diatas usia 40 tahun. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi pada anak-anak dan remaja yang mengalami trauma mata dan miopi sehingga menyebabkan munculnya robekan pada retina. Bahkan ablasio retina dapat menyebabkan cacat penglihatan dan buta permanen.

Penyebab dan Jenis Ablasio RetinaRetina adalah selaput jaringan yang sangat tipis dan transparan, terdapat dibagian belakang mata dan sebagai pelapis bagian dalam mata. Retina memiliki fungsi sebagai pengolah objek yang akan difokuskan pada retina dari kornea dan lensa. Sel serabut retina ini akan meneruskannya ke dalam otak melalui saraf optik sehingga terciptalah suatu bentuk atau gambar.

Penyebab dan Jenis Ablasio Retina

Berikut adalah beberapa faktor penyebab terjadi ablasio retina, yaitu:

1. Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia akan terjadi penipisan retina terutama bagi pasien lanjut usia. Kemudian diikuti dengan penyusutan korpus vitreum secara alami dan menyebabkan munculnya robekan pada retina mata. Itulah sebabnya mengapa ablasio retina lebih sering terjadi pada usia 40-70.

2. Trauma Mata

Trauma mata adalah salah satu penyebab ablasio retina mungkin untuk diderita oleh anak-anak dan remaja. Trauma mata yang dapat menyebabkan robeknya retina adalah trauma mata berat. Trauma mata seperti mata terkena mesin, raket, cairan kimia, dan masih banyak lagi trauma mata lainnya yang dapat menyebabkan timbulnya luka dan pendarahan dalam di sekitar retina hingga akhirnya menimbulkan robeknya retina.

3. Menderita Miopi Tinggi (Rabun Jauh)

Miopi adalah penyebab lain ablasio retina dapat menyerang pasien anak-anak dan remaja. Pada penderita miopi (rabun jauh) tinggi dapat terjadi penipisan dan degenerasi di daerah perifer retina, hingga terjadi pengenceran cairan vitreus dan menjadi penyebab timbulnya robekan pada retina. Dan biasanya penyakit ini menyerang pasien miopi yang memiliki dioptri mata diatas 6.

4. Pasca Operasi

Pasca operasi akan timbul bekas luka yang menyebabkan melemahnya otot mata sehingga tidak mampu menopang saraf-saraf. Keadaan ini akan menyebabkan terjadinya peradangan dan pendarahan yang menimbulkan risiko robeknya retina mata.

5. Faktor Genetik

Waspadalah jika kalian memiliki keluarga yang merupakan pasien dari ablasio retina, itu artinya Anda memilki risiko lebih besar untuk menderita ablasio bahkan di usia muda. Jadi pastikan untuk rajin memeriksa kesehatan mata terutama jika sudah mulai muncul gejala-gejala penyakit ablasio retina, untuk melakukan pencegahan dini.

6. Menderita Peradangan

Peradangan mata yang kronis dapat menyebabkan timbulnya kekeruhan dan garis-garis tipis seperti benang disekitar retina mata sehingga akan membuat kemampuan melihat pasien jadi menurun.

7. Pengaruh Komplikasi Diabetes

Penderita diabetes biasanya disebabkann oleh mengkonsumsi gula dalam kadar yang tinggi. Pengaruh diabetes dapat menyebabkan sobekan pada retina karena berhubungan dengan mengkonsumsi kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan penggumpalan dan penghambatan pada pembuluh darah dimata sehingga terjadi sobekan yang mempengaruhi turunnya kemampuan penglihatan.

8. Tumor di Sekitar Mata

Tumor yang ada disekitar mata memicu munculnya ablasio retina. Dimana pembuluh darah pada mata mendapat tekanan dan penghalangan dari sel tumor yang mengambil alih posisi letak retina sehingga terjadi pelepasan retina yang sebelumnya terjadi luka dan pendarahan.

Jenis Ablasio Retina

Ada 2 jenis ablasio retina yang umum, yaitu:

  • Ablasio Retina Traksi

Ablasio ini terjadi akibat jaringan parut (fibrosis) yang ada pada dinding lapisan retina, jika terjadi kontraksi mendadak pada jaringan parutnya maka akan menyebabkan penekanan dan penggeseran serta penarikan retina dimana kondisi ini dapat memicu ablasio retina.

  • Ablasio Retina Eksudatif

Ablasio ini terjadi akibat kerusakan parah pada epitel pigmen retina karena mengalami kenaikan permeabilitas maka akan timbul penimbunan cairan yang terjadi ketika proses peradangan.

Demikianlah informasi mengenai penyebab dan jenis ablasio retina yang perlu Anda ketahui dan pahami. Hal ini bertujuan agar penderita ablasio retina dapat mencegah dan mengobatinya sedini mungkin. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen khusus mata yakni Walatra Sehat Mata Softgel untuk membantu Anda mencegah bahkan menyembuhkan keluhan mata yang Anda alami secara alami tanpa operasi.

Baca juga:

Obat Herbal Ablasio Retina Ampuh Tanpa Operasi

Efek Samping Operasi Katarak

Posted by: Penyakit Tipes

Penyebab dan Jenis Ablasio Retina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *