Penyakit Mata Hipermetropi (Rabun Dekat)

19 Mar

Penyakit Mata Hipermetropi (Rabun Dekat),- Hipermetropi atau hiperopia atau lebih dikenal dengan rabun dekat atau mata plus merupakan kondisi mata dimana Anda tidak bisa melihat dengan jelas benda yang dekat, namun dapat melihat jauh dengan jelas. Pada beberapa kasus rabun jauh yang serius, penderita hanya dapat melihat benda yang terletak sangat jauh. Kondisi ini biasanya menurun di keluarga. Gejala-gejala rabun dekat mirip dengan presbiopia pada lansia.

Rabun dekat adalah gangguan penglihatan yang umum terjadi. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun, namun biasanya muncul sejak masa kanak-kanak. Rabun dekat dapat membaik seiring bertambahnya usia atau dengan mengurangi faktor-faktor risiko.

Penyakit Mata Hipermetropi (Rabun Dekat)Penyebab Hipermetropi

Hipermetropi terjadi karena bentuk kornea terlalu pipih dan tidak mampu memfokuskan cahaya yang diterima dengan baik. Penyakit ini juga disebabkan oleh turunnya kemampuan otot dan saraf mata.

Pada sebagian besar kasus, kondisi ini terjadi secara genetik. Artinya, jika seseorang memiliki orang tua yang menderita hipermetropi, maka orang tersebut kemungkinan akan mengalaminya juga.

Selain disebabkan oleh faktor keturunan dan usia, terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya Hipermetropi. Penyakit ini dapat muncul sebagai efek dari beberapa penyakit seperti diabetes, mikroftalmia, kanker, serta adanya masalah pada pembuluh darah di dekat retina. Mikroftalmia juga merupakan kondisi di mana kedua atau salah satu mata menjadi kecil. Kondisi ini menyebabkan sumbu bola mata menjadi kecil dan sulit untuk membiaskan cahaya yang masuk, sehingga terjadi gangguan pada penglihatan jarak dekat.

Gejala Hipermetropi

Orang dengan gangguan mata hipermetropi mengalami gejala yaitu sulit melihat benda yang jaraknya dekat. Oleh karena itu, gangguan mata ini dapat dikenali dengan melihat gejala-gejala sebagai berikut:

  • Penderita hipermetropi cenderung menyipitkan mata ketika melihat dari jarak dekat.
  • Ketika membaca atau memandangi layar komputer, mata juga menjadi lebih cepat lelah.
  • Sering sakit kepala dan pusing.
  • Terdapat sensasi sakit atau seperti terbakar di sekitar mata.

Sementara itu, pada anak-anak terdapat gejala sebagai berikut:

  • Sering menggosok-gosokan mata.
  • Lebih sering berkedip dari biasanya.
  • Memiliki masalah dalam membaca.
  • Pada beberapa anak akan terjadi strabismus atau mata juling (karena berusaha terlalu keras saat melihat benda dalam jarak dekat).

Pencegahan Hipermetropi

Meskipun sebagian besar kasus hipermetropi disebabkan oleh faktor keturunan, namun kita masih dapat melakukan pencegahan dengan menjaga kesehatan mata. Berikut adalah tips-tips untuk menghindari resiko terjadinya gangguan mata seperti hipermetropi:

  1. Hindari kebiasaan membaca, menonton televisi, atau melihat layar ponsel/komputer dalam jarak yang terlalu dekat. Jarak normal antara mata dan media tersebut minimal 30 cm.
  2. Pastikan Anda selalu membaca/menonton di tempat dengan kadar pencahayaan yang baik. Jika Anda memaksakan diri untuk membaca di ruangan yang kurang terang, pupil mata Anda harus bekerja lebih keras sehingga mata menjadi cepat lelah.
  3. Jagalah pola hidup Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Sebisa mungkin hindari rokok untuk melindungi mata. (Baca juga: Jus Buah Untuk Rabun Dekat)
  4. Jauhkan diri Anda dari resiko terkena diabetes atau tekanan darah tinggi karena kedua penyakit tersebut dapat berdampak pada penglihatan Anda.
  5. Lakukanlah pemeriksaan secara berkala kepada dokter untuk memastikan mata Anda selalu dalam kondisi yang prima.

Pengobatan Hipermetropi

Untuk mengatasi hipermetropi biasanya diberikan tindakan seperti penggunaan kacamata, lensa kontak, dan dilakukan pengobatan dengan cara operasi. Kaca mata dianggap sebagai solusi yang paling sederhana, paling murah dan paling aman dalam mengatasi hipermetropi atau rabun dekat ini. Selain berfungsi memperjelas penglihatan, saat ini kaca mata sudah menjadi bagian dari fashion yang dapat memperbaiki penampilan.

Bagi Anda yang ingin mengobati mata rabun dekat secara alami, kini telah hadir Walatra Sehat Mata Softgel produk herbal kesehatan dari CV. Jogja Natural Herbal yang terbukti paling baik dalam menjaga kesehatan mata sekaligus mengobati berbagai penyakit mata seperti mata minus, silinder, katarak, glaukoma dll. Terbuat dari 100% bahan herbal alami pilihan yang direkomendasikan para ahli kesehatan sehingga aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Info Lebih Lengkap Klik Walatra Sehat Mata Softgel

Simak juga:

Obat Herbal Mata Rabun Dekat

Bahaya Penyakit Mata Silinder

by: Penyakit Tipes

Penyakit Mata Hipermetropi (Rabun Dekat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *