Penyakit Gondok dan Penyembuhannya

29 Des

Penyakit Gondok dan Penyembuhannya,- Gondok atau dalam dunia kedokteran disebut mumps adalah pembengkakan abnormal pada kelenjar tiroid. Kelenjar ini berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan tenggorokan atau dibawah laring. Gondok atau gondongan merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus paramyxovirus yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada bagian leher atas atau pipi bagian bawah.

Penyakit Gondok dan PenyembuhannyaPenyebaran virus ini dapat ditularkan melalui kontak langsung yaitu percikan ludah, bahan muntah, dan mungkin urin. Virus dapat ditemukan dalam urin dari hari pertama sampai hari ke 14 setelah terjadi pembesaran kelenjar. Penyakit ini dapat timbul secara endemik atau epidemi dan dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Namun pada kebanyakan kasus penyakit ini sering terjadi menyerang anak-anak umur 2-12 tahun.

Penyakit gondok dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gondok biasa dan gondok beracun. Gondok biasa tidak menimbulkan gejala yang serius, tetapi jika tidak diobati lama-kelamaan akan menjadi gondok beracun.

Gejala Penyakit Gondok

Gejala gondok secara umum dapat dikenali dengan demam tinggi (38,5-40 derajat celcius), sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah disertai kaku pada rahang (sulit untuk membuka mulut), pembengkakan kelenjar dibawah telinga (parotis). Pembengkakan biasanya hanya berlangsung selama 3 hari, lalu berangsur-angsur mengempis.

Penyebab Penyakit Gondok

Kekurangan yodium merupakan penyebab utama dari penyakit gondok. Yodium sangat penting untuk membantu tiroid menghasilkan hormon tiroid. Jika yodium tidak cukup, maka tiroid akan bekerja ekstra keras untuk membuat hormon tiroid, sehingga kelenjar tiroid akan tumbuh lebih besar.

Penyebab lainnya adalah:

  • Penyakit Graves’. Penyakit Graves terjadi ketika tiroid menghasilkan lebih banyak hormon tiroid dari biasanya, yang dikenal sebagai hipertiroid. Bersamaan dengan itu kelenjar tiroid juga membesar.
  • Penyakit Hashimoto. Pada penyakit Hashimoto, tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup, menyebabkan hipotiroidisme. Hormon tiroid rendah menyebabkan kelenjar pituitari untuk membuat lebih banyak thyroid-stimulating hormone (TSH), yang menyebabkan tiroid membengkak.
  • Peradangan. Beberapa orang mengembangkan tiroiditis , peradangan pada tiroid yang dapat menyebabkan gondok.
  • Nodul. kista padat atau cairan yang mengandung mungkin muncul pada tiroid dan menyebabkannya membengkak. nodul ini sering bukan kanker.
  • Kanker tiroid. Kanker dapat mempengaruhi tiroid, yang menyebabkan pembengkakan pada salah satu sisi kelenjar.
  • Kehamilan. Kehamilan kadang-kadang dapat menyebabkan tiroid menjadi lebih besar.

Faktor-faktor Risiko Penyakit Gondok

Gondok dapat menyerang siapa saja, tapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit ini. Faktor-faktor pemicu tersebut meliputi:

  • Usia. Risiko gondok akan emningkat pada usia 40 tahun ke atas.
  • Jenis kelamin. Wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan tiroid dibandingkan pria.
  • Faktor keturunan. Memiliki anggota keluarga yang mengidap kanker tiroid atau penyakit autoimun akan meningkatkan risiko penyakit gondok.
  • Obat-obatan seperti amiodarone serta yang mengandung litium.
  • Kehamilan dan menopause. Risiko gangguan tiroid meningkat pada saat wanita sedang hamil atau menopause, tapi penyebabnya belum diketahui dengan pasti.

Pegobatan Penyakit Gondok

Gondok dapat ditangani dengan beberapa cara tergantung pada ukuran, benjolan, gejala yang dirasakan, serta penyebab terjadinya gondok. Benjolan yang kecil dan tidak menimbulkan gejala, umumnya tidak langsung ditangani karena dokter akan memantau perkembangan kondisi Anda mungkin bisa sembuh tanpa harus melakukan penanganan. Akan tetapi jika benjolan terus membesar hingga mengganggu kondisi kesehatan pasien, ada beberapa langkah pengobatan yang dapat diambil yaitu obat penurun hormon tiroid, terapi penggantian hormon, terapi yodium radioaktif, serta langkah operasi.

Anda didiagnosis menderita gondok dan sedang mencari cara alami yang Efektif?

Ini Dia… QnC Jelly Gamat Solusinya

100% Alami, Aman Tanpa Operasi

Penyakit Gondok dan PenyembuhannyaSolusi yang tepat untuk mencegah dan mengobati gondok secara alami tanpa operasi adalah dengan QnC Jelly Gamat. Kaya akan khasiat dan manfaat yang mampu mengobati berbagai macam jenis penyakit termasuk penyakit gondok secara efektif sampai tuntas tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Informasi Selanjutnya Kunjungi >> Obat Herbal Gondok

Itulah informasi mengenai penyakit gondok dan penyembuhannya yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung…

Penyakit Gondok dan Penyembuhannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *