Pencegahan Glaukoma Sejak Dini

5 Mar

Pencegahan Glaukoma Sejak Dini,- Glaukoma merupakan gangguan mata yang sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan kerusakan mata secara permanen dan risiko kebutaan. Terkadang gejala yang tidak muncul pada tahap awal menyebabkan keterlambatan penanganan. Tingkat keparahan glaukoma akan berjalan secara bertahap dalam waktu yang lambat maupun cepat. Semua itu tergantung dari kondisi tekanan pada lensa mata.

Oleh karena itulah melakukan pencegahan sejak dini sangat perlu dilakukan untuk menghindari bahaya dari gangguan mata glaukoma ini. Dibawah ini merupakan beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah glaukoma sejak dini agar terhindar dari glaukoma.

Pencegahan Glaukoma Sejak Dini

Pencegahan Glaukoma Sejak Dini1. Melindungi Mata Saat Olahraga

Biasakan untuk melindungi mata apabila sedang melakukan olahraga atau pekerjan yang bisa meningkatkan risiko cedera mata. Anda bisa menggunakan kacamata khusus yang memang bisa melindungi area mata agar tidak terkena zat asing maupun tekanan berlebih.

2. Perbanyak asupan Omega 3

Omega 3 merupakan asam lemak yang mampu untuk melindungi fungsi retina. Asam lemak ini dapat mencegah kerusakan pada lensa mata. Makanan yang kaya akan omega 3 adalah ikan salmon dan kacang kenari.

3. Perbanyak asupan betakaroten dan vitamin B2

Zat betakaroten banyak ditemukan pada buah berwarna kuning. Betakaroten berguna untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula. Wortel mengandung betakaroten, dan lutein yang dapat mengatasi luka pada bagian mata. Ubi jalar juga mengandung betakaroten dan kalium yang baik untuk menjaga syaraf mata. Brokoli kaya akan vitamin B2 yang bisa menjaga mata dari kepekaan terhadap cahaya, dan menjaga fungsi lensa mata.

4. Cukupi Kebutuhan Zeaxanthin dan Lutein

Semua jenis makanan yang mengandung zeaxanthin dan lutein adalah makanan yang sangat baik untuk mencegah glaukoma. Lutein merupakan zat karotenoid yang ditemukan pada sayuran. Lutein juga menjadi salah satu antioksidan alami yang bisa memberikan perlindungan untuk mata termasuk lensa dan retina. Jadi sangat disarankan untuk mengkonsumsi bayam, kale, kembang kol, brokoli, kubis dan kuning telur. Lebih disarankan lagi memasaknya dengan minyak zaitun.

5. Hindari Sumber Lemak Trans

Lemak trans adalah salah satu jenis lemak yang bisa mengganggu serapan lemak omega 3 dalam tubuh. Terlalu banyak asupan lemak trans dapat berisiko mengalami glaukoma. Lemak trans akan mengganggu proses penyerapan omega 3 di dalam tubuh. Lemak tran sangat tidak baik untuk sistem lensa mata, terlebih didapat dari makanan yang digoreng dan dibakar.

6. Hindari Makanan yang menimbulkan alergi

Makanan penyebab alergi dapat mengakibatkan tekanan kuar pada bagian mata. Tekanan ini muncul reaksi untuk menolah makanan tersebut. Kondisi ini dapat berpotensi menyebabkan glaukoma.

7. Kendalikan Kadar Gula Darah

Jika Anda memiliki gangguan penyakit yang berhubungan dengan kadar gula dalam darah seperti diabetes, maka harus selalu waspada dengan glaukoma. Ketika kadar gula dalam darah tinggi maka bisa membuat lensa mata dan retina mengalami gangguan. Tubuh tidak bisa membuat insulin yang cukup untuk mengolah semua kadar gula dalam darah. Dampaknya bisa menyebabkan kerusakan pada bagian lensa dan retina.

8. Konsumsi Buah Berwarna Gelap atau Abu-Abu

Semua jenis buah yang memiliki warna gelap atau abu-abu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata seperti untuk mencegah penyakit glaukoma. Beberapa buah yang bisa Anda konsumsi secara rutin adalah blueberry, cranberry, dan semua jenis golongan buah berry. Buah-buahan ini bisa membuat sistem syaraf dan otot pada bagian mata bisa bekerja secara maksimal.

9. Melakukan Pemeriksaan Mata Secara Teratur

Orang yang sudah berusia lebih dari 40 tahun harus melakukan pemeriksaan mata secara teratur. Langkah ini diperlukan untuk mengatasi semua jenis gejala yang muncul paling awal. Ketika glaukoma diketahui sejak dini maka Anda bisa memutuskan melakukan diet yang sehat untuk mata. Selain itu pemeriksaan mata juga bisa mencegah terjadinya kerusakan mata yang lebih lanjut. Terlebih bagi Anda yang memang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit glaukom. Glaukoma juga bisa diturunkan lewat garis keluarga sehingga harus lebih waspada.

10. Hindari Makanan Tinggi Garam

Asupan garan secara berlebih dapat mengentalkan darah, sehingga jantung bekerja keras untuk mengedarkan darah. Kondisi menyebabkan pembuluh darah dibagian mata mengalami tekanan kuat, yang akan meningkatkan risiko glaukoma.

11. Hindari Minum Banyak Sekaligus

Minum air berlebih sekaligus dapat berakibat tekanan kuat pada saraf mata. Tekanan ini dapat menimbulkan masalah pada cekungan lensa mata. Bahkan dapat meningkatkan risiko glaukoma. Minumlah air sedikit demi sedikit.

12. Hindari Kafein Berlebih

Asupan kafein berlebih dapat meningkatkan tekanan darah dan tekanan pada syaraf mata. Kondisi ini pada akhirnya daoat merusak retina dan lensa mata.

13. Lindungi Mata dari Sinar UV

Mungkin Anda tidak pernah menyadari jika sebenarnya sinar matahari bisa menyebabkan glaukoma jika langsung mengenai mata. Jadi biasakan untuk memberikan perlindungan pada mata jika Anda beraktivitas secara langsung dibawah sinar matahari. Sinar UV bisa membuat tekanan yang terlalu berat pada bagian lensa dan kornea. Kebiasaan mata yang terkena sinar matahari secara langsung bisa menyebabkan glaukoma.

14. Hindari Stres

Tekanan pada lensa mata akan menjadi lebih kuat akibat depresi dan stres. Jika masalah terus dibiarkan berlarut-larut, maka dapat berakibat glaukoma.

 

15. Isirahatkan Mata

Mata akan mengalami kelelahan jika digunakan untuk menatap layar monitor, atau menyetir dalam durasi panjang. Mata lelah yang dipaksa untuk fokus, menyebabkan tekanan pada lensa. Cobalah senam mata, dengan mengedipakan kelopak mata berulang-ulang. Lakukan cara ini beberapa klai dalam sehari, untuk meningkatkan cairan pada mata. Pejamkan mata selama semenit, kemudian buka lagi. Gerakan mata ini akan membuat otot mata lebih rileks.

Pada tahap awal glaukoma masih bisa diobati untuk mencegah kebutaan atau kerusakan mata permanen. Selain dengan melakukan pencegahan glaukoma sejak dini, glaukoma juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan khusus mata yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan pengobatan tanpa perlu operasi dan mengeluarkan biaya mahal. Suplemen khusus mata yang kami rekomendasikan adalah Walatra Sehat Mata Softgel.

Posted by: Penyakit Tipes

Baca juga:

Obat Herbal Glaukoma Tanpa Operasi

Ciri-Ciri Mata Glaukoma

Pencegahan Glaukoma Sejak Dini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *