Pantangan Makanan Penyakit Ginjal Bengkak

22 Des

Pantangan Makanan Penyakit Ginjal Bengkak,- Penyakit ginjal bengkak termasuk penyakit yang mematikan. Karena ginjal berperan sangat penting dalam tubuh dengan fungsi sebagai penyaring darah dari kotoran atau limbah maupun racun. Jika ginjal mengalami masalah dalam menjalankan fungsinya maka racun dalam darah akan menyebar keseluruh tubuh dan merusak sel-sel dalam tubuh.

Pantangan Makanan Penyakit Ginjal Bengkak

Menjaga kesehatan ginjal menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang. Sehebat dan secanggih apapun pengobatan jika tidak disertai dengan pola makan yang sehat tetap saja akan terbilang percuma.

Agar penderita ginjal bengkak dapat disembuhkan dengan baik, selain dengan pengobatan yang tepat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti menghindari pantangan-pantangan ginjal bengkak.

Berikut adalah pantangan makanan untuk penyakit ginjal bengkak yang harus dihindari antara lain:

1. Karbohidrat Tinggi

Hindari makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Seperti nasi, jagung, ubi, kentang, gandum, pasta dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Alasannya karena makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi mengandung kalori dan gula yang banyak dan tidak baik untuk ginjal.

2. Protein Tinggi

Meskipun protein pada umumnya baik bagi tubuh. Namun sebaliknya jika seseorang mengalami ginjal bengkak. Protein yang tinggi akan menyulitkan ginjal dalam menyaring kotoran dalam darah. Makanan tinggi kandungan protein yang perlu dihindari penderita ginjal bengkak diantaranya adalah daging ayam, daging kambing, ikan, udang, telur, hati dan keju. Sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

3. Kalium Tinggi

Makanan yang mengandung kalium tinggi tidak baik untuk penderita ginjal, termasuk penyakit ginjal bengkak. Makanan yang mengandung kalium tinggi adalah apel, jeruk, pisang, alpukat, anggur, kubis dan lain-lain.

4. Kandungan Garam Tinggi

Hindari olahan makanan yang banyak mengandung garam seperti cemilan asin, makanan beku, sup kalengan, makanan cepat saji, serta sayuran dalam kalengan. Makanan tersebut harus dihindari karena tidak baik untuk kesehatan ginjal.

5. Zat Fosfor Berlebih

Makanan yang mengandung zat fosfor berlebih juga tidak baik untuk penyakit ginjal bengkak. Contoh makanan yang mengandung fosfor tinggi adalah kacang-kacangan, kacang kering, susu dan keju.

Selain itu, penderita ginjal bengkak juga harus menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, begadang, kafein, mengkonsumsi mie instan dan kebiasaan buruk lainnya. Perbanyak minum air putih dan olahraga teratur. Hal ini perlu dilakukan untuk mempercepat penyembuhan penyakit ginjal tersebut. Bahkan ini juga akan sangat bagus dilakukan untuk mencegah terkena penyakit ginjal.

Itulah pantangan makanan penyakit ginjal bengkak yang harus Anda hindari. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung…

Baca juga:

 

Salam sehat, by: Obat Herbal Ginjal Bengkak

Pantangan Makanan Penyakit Ginjal Bengkak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *