Pantangan Asam Urat dan Pencegahannya

12 Sep

Pantangan Asam Urat dan Pencegahannya,- Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal dalam membuang asam urat dengan tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lagi disebabkan oleh tubuh yang memproduksi asam urat dengan cara yang berlebihan. Penderita asam urat juga biasanya memiliki keluhan lain seperti hipertensi, penyakit ginjal, diabetes, dan aterosklerosis. Sebagian penderita asam urat adalah orang yang memiliki berat badan berlebih. Jika penyakit asam urat dibiarkan, dapat berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Asam Urat

Pantangan Asam Urat dan Pencegahannya

Pantangan Asam Urat dan Pencegahannya

Pantangan Asam Urat

Kadar asam urat tinggi dipengaruhi oleh makanan yang sering kita konsumsi terutama yang berkadar purin tinggi. Selain dipengaruhi makanan, perubahan gaya hidup konsumsi obat tertentu juga dapat menaikkan kadar asam urat. Berikut adalah pantangan makanan bagi penderita asam urat:

  • Jeroan, ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
  • Seafood, udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden.
  • Ekstrak daging, abon dan dendeng
  • Makanan yang sudah dikalengkan, kornet sapi, sarden
  • Daging kambing, daging sapi, daging kuda, bebek, angsa dan kalkun
  • Kacang-kacangan, kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
  • Sayuran, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
  • Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
  • Buah-buahan, durian, nanas dan air kelapa
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
  • Makanan kaya protein dan lemak

Pencegahan Penderita Asam Urat

Selain menghindari makanan diatas, penderita asam urat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berikut ini guna mengurangi asam urat, yaitu:

  1. Perbanyak konsumi air putih yang berguna untuk mengeluarkan kristal asam urat.
  2. Makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yoghurt pisang, dan alpukat.
  3. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks yang terdapat pada nasi, roti, dan ubi.
  4. Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup.
  5. Konsumsi buah-buahan yang dapat menurukan kadar asam urat seperti belimbing wuluh, buah naga, jahe, labu kuning, sawi putih, serai, dan tomat.
  6. Konsumsi buah ceri karena mengandung antosianin yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Antosianin juga dapat mencegah kristalisasi asam urat, menetralkan zat asam dan membantu mencegah peradangan dan nyeri pada sendi.
  7. Berries, seperti jenis stroberi, acai berry dan blueberry memiliki sifat antiflamasi sehingga bisa dimasukkan dalam diet sehat penderita asam urat.
  8. Kacang pinto, Kacang satu ini mengandung asam folat yang baik untuk menurunkan kadar asam urat secara alami. Selain kacang pinto ini, biji bunga matahari dan lentil juga harus masuk dalam menu makanan penderita asam urat.
  9. Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, kiwi, stroberi,  jeruk nipis, lemon, tomat, sayuran berdaun hijau lainnya. Makanan kaya vitamin C dan supelemen kesehatan lainnya dapat dijadikan diet sehat dalam mengurangi asam urat berlebih dalam tubuh dengan memaksanya keluar dari tubuh melalui urin.
  10. Konsumsilah produk alami yang dapat menyembuhkan asam urat seperti brotowali, the hijau, sidaguri, habbatussauda, dan lain-lain.
  11. Makanan tinggi serat.  Dapat menjadi pilihan untuk menurunkan kadar asam urat tinggi menjadi normal. Hal ini sesuai dengan khasiat serat yanng membantu penyerapan membuang kelebihan asam urat dalam tubuh melalui ginjal.
  12. Teh hijau. Konsumsi teh hijau secara rutin dapat mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.
  13. Sayuran mentah seperti kentang atau jagung juga efektif mengurangi asam urat dalam tubuh seseorang. Jika anda ingin mengolahnya, sebaiknya olah bahan makanan ini dengan di rebus atau dikukus.
  14. Ikan salmon juga baik dikonsumsi oleh penderita asam urat karena mengandung omega 3 yang sangat baik untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada sendi.
  15. Hindari mengkonsumsi aspirin, jika ingin mengurangi rasa sakit Anda bisa pilih ibuprofen dan lainnya.

Itulah pantangan asam urat dan pencegahannya yang harus Anda ketahui agar selalu waspada dan mencegah penyakit ini menyerang kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat terutama bagi Anda yang menderita penyakit asam urat.

Rekomendasi

Pantangan Asam Urat dan PencegahannyaQnC Jelly Gamat adalah obat herbal yang terbuat dari Ekstrak Teripang Emas yang diformulasikan dengan bahan herbal alami lainnya yaitu Sweetener Stevia, Essen Natural, Pengemulsi Nabati, Air RO, serta Ekstrak Buah & Sayur yang sudah teruji akan khasiatnya dalam membantu menurunkan asam urat dalam tubuh dan mengurangi nyeri sendi.

QnC Jelly Gamat adalah solusi alternatif yang tepat bagi Anda yang ingin mencegah, mengatasi, mengobati, bahkan menyembuhkan asam urat. Anda tidak perlu khawatir karena Obat Asam Urat QnC Jelly Gamat sudah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan POM TR 173301471 serta telah mendapatkan sertifikasi HALAL dari MUI sehingga Aman dikonsumsi dalam jangka panjang tanpa menimbulkan efek samping dan ketergantungan pada tubuh.

Untuk Info Lebih Lengkap KLIK >> Obat Herbal Asam Urat

Salam sehat, by:

www.penyakittipes.web.id

Pantangan Asam Urat dan Pencegahannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *