Manfaat Daun Ungu Untuk Ambeien dan Cara Mengolahnya

30 Mar

Manfaat Daun Ungu Untuk Ambeien dan Cara Mengolahnya,- Ambeien atau wasir merupakan penyakit umum yang banyak diderita dikalangan usia 45-75 tahun. Dalam istilah medis wasir disebut dengan hemorroid yang umumnya terjadi akibat pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar di dalam rektum atau anus.

Manfaat Daun Ungu Untuk Ambeien dan Cara MengolahnyaPenyebab ambeien sendiri sangatlah beragam. Namun penyebab yang paling umum adalah terlalu lama mengejan saat buang air besar. Hal tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah di area anus dan sekitarnya. Sehingga timbulah berbagai gejala awal penyakit ambeien seperti ketidaknyamanan saat duduk maupun buang air besar, terdapat benjolan, gatal hingga terjadi pendarahan disekitaran anus.

Pada dasarnya terdapat 2 jenis ambeien, yaitu ambeien dalam dan luar. Namun apapun jenisnya, sebaiknya kondisi ini segera diatasi secara intensif untuk mencegah terjadinya keparahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar kita, seperti dengan daun ungu.

Manfaat Daun Ungu Untuk Ambeien dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Ungu Untuk Ambeien dan Cara MengolahnyaDaun ungu atau wungu adalah salah satu jenis tanaman obat herbal, yang mana khasiatnya bisa menjadi alternatif sebagai obat ambeien alami. Daun ungu memiliki nama latin Graptophyllum pictum ini pada dasarnya merupakan tanaman tradisional yang dapat ditemukan di Papua Nugini sebelum akhirnya menyebar luas ke penjuru dunia, termasuk ke bumi nusantara. Adapun di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki sebutan nama yang berbeda-beda. Seperti demung, tulak, wungu, daun temen-temen, handeuleum, karotong, kadi-kadi dan lainnya.

Di Pulau Jawa, tanaman ini tumbuh sama pada 1250 mdpl. Untuk habitatnya, biasanya daun ungu tumbuh di tempat yang banyak disinari matahari. Selain itu, ia tumbuh di tempat yang lembab dan hangat.

Apa saja kandungan dalam daun ungu yang bertindak sebagai obat ambeien ?

Banyak dari pada ahli yang merekomendasikan daun ungu untuk pengobatan wasir, bukanlah tanpa alasan. Melainkan hal tersebut telah terbukti dari berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa daun ini mengandung beberapa kandungan aktif yang sangat baik untuk kesehatan. Diantaranya seperti:

  • Steroid
  • Alkaloid
  • Tanin
  • Glikosida
  • Klorofil
  • Asam formik
  • Klasium oksalat
  • Lemak

Dan khasiat daun ungu sebagai obat ambeien juga telah diteliti oleh Prof. dr. H. Sardjono Oerip Santoso dari Farmakologi FKUI. Beliau menyebutkan bahwasannya didalam daun ungu terkandung senyawa anti-hemorroid. Kandungan inilah yang memiliki khasiat nyata dalam proses pengobatan penyakit ambeien secara alami.

Bahkan tak cukup sampai disana, para peneliti lain dari Universitas kenamaan di Indonesia lainnya juga sepakat dengan Prof. dr. H. Sardjono, bahwasannya daun ungu memang berkhasiat untuk obat. Tak hanya untuk ambeien, daun ini juga baik untuk kesehatan lainnya, seperti menjadi pereda nyeri (analgesik/antiinflamasi), serta mampu menghambat pertumbuhan bakteri (streptococcus) dan juga jamur.

Penelitian lain akan manfaat luar biasa daun ungu untuk wasir juga dilakukan oleh Prof. Dr. Sumali Wiryowidjo, Apt, guru besar farmasi Universitas Indonesia, beliau menjelaskan daun ungu memiliki khasiat untuk mengobati penyakit wasir lantaran didalamnya mengandung pektin.

Pektin sendiri diketahui dapat mengembangkan saluran cerna sehingga dapat memudahkan defekasi (proses pengeluaran zat sisa/pengosongan usus dan mengeluarkan fases atau proses saat buang) serta tidak menimbulkan luka atau peradangan.

Cara Pengolahan Daun Ungu Untuk Mengobati Ambeien

Untuk mengobati ambeien, Anda bisa memanfaatkan daun ungu dengan pengolahan sebagai berikut:

Cara pengolahan pertama:

  • Siapkan beberapa lembar daun ungu segar kemudian cuci hingga bersih.
  • Kemudian rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga hanya tersisa setengahnya.
  • Setelah itu, angkat dan saring.
  • Minum ramuan ini secara rutin hingga sembuh.

Cara pengolahan kedua:

  • Siapkan siapkan daun ungu, 5 gr kunyit, pegagan dan temu putih.
  • Setelah itu, rebus semua bahan terkecuali daun ungu dengan menggunakan air 600-800 ml.
  • Setelah mendidih, kemudian baru masukkan daun ungu dan kecilkan apinya.
  • Rebusan tersebut diminum 2 kali sehari untuk ambeien kategori berat

Selain dengan mengonsumsi ramuan tersebut, ada baiknya juga jika diimbangi dengan menjaga pola makan. Hindari mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak. Hasilnya sendiri bisa terlihat dalam kurun waktu 2-3 minggu. Namun untuk revitalisasi membutuhkan waktu 3-4 bukan dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Bagi Anda yang tidak ingin repot dalam membuat ramuan diatas, jangan khawatir. Kini telah hadir produk herbal yang diformulasikan secara khusus untuk penyakit ambeian atau wasir menggunakan daun ungu sebagai salah satu komposisinya, yakni Walatra Sehat Wasir.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daun ungu untuk ambeien dan cara mengolahnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Terima kasih sudah berkunjung…

Posted by: Penyakit Tipes

Manfaat Daun Ungu Untuk Ambeien dan Cara Mengolahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *