Manfaat Biji Anggur Untuk Kesehatan Mata

9 Feb

Manfaat Biji Anggur Untuk Kesehatan Mata,- Selamat datang kembali di penyakittipes.web.id yang kali ini akan membahas mengenai manfaat biji anggur untuk mata yang mana sebelumnya kami sudah membahas mengenai manfaat buah bluerberry dan wortel untuk kesehatan mata yang merupakan bahan dasar dari suplemen mata alami Walatra Sehat Mata Softgel.

Manfaat Biji Anggur Untuk Kesehatan MataBuah anggur memiliki banyak varian warna yaitu anggur merah, anggur hijau, anggur hitam dan sebagainya. Anggur sendiri telah menjadi bagian integral dari budaya manusia dan masakan sejak ribuan tahun yang lalu. Menurut University of Maryland Medical Center, buah anggur menyediakan sumber makanan bergizi tinggi dan telah digunakan bersama dengan daunnya dalam berbagai pengobatan tradisional untuk kondisi mulai dari sakit tenggorokan, penyakit jantung, hingga kanker.

Namun tak hanya pada buahnya saja, berbagai kandungan senyawa istimewa pun terdapat di dalam biji anggur, salah satunya adalah kandungan antioksidan yang kuat. Adapun kandungan aktif yang terdapat di dalam biji anggur adalah Oligomeric Proanthocyanidins/OPC. OPC sendiri memiliki kandungan antioksidan serta bersifat sebagai antihistamin. Selain itu, biji anggur di perkaya dengan vitamin E, asam linoleat dan juga flavonoid. Kini para ilmuwan dan masyarakat telah mengakui akan khasiat dari biji buah anggur ini untuk kesehatan termasuk untuk memperbaiki penglihatan dan mencegah penyakit mata.

Manfaat Biji Anggur Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Biji Anggur Untuk Kesehatan MataBerikut adalah beberapa khasiat biji anggur untuk kesehatan dan mata, antara lain:

1. Mengingkatkan Penglihatan di Malam Hari

University of Maryland Medical center melaporkan sebuah studi yang di terbitkan dalam “Current Eye Research” edisi April 2012, menemukan bahwa antioksidan yang terdapat di dalam biji anggur mampu melindungi sel-sel di retina, yang mana bertanggung jawab untuk membedakan warna dan melihat dalam kondisi dalam cahaya rendah.

Dalam studi kultur jaringan, ekstrak biji anggur sendiri mampu membuang radikal bebas, memperbaiki keruksakan oksidatif dan sel-sel retina dapat dilindungi dari stres akibat kematian dini.

2. Mengatasi Diabetes Renopati

Sifat antiinflamasi dalam OPC dalam biji anggur diketahui dapat membantu menghentikan perkembangan penyakit tersebut. Bahkan sifat penyembuhan yang terdapat dalam ekstrak biji anggur juga diketahui dapat membantu mengatasi masalah kelainan pembuluh darah lainnya.

Menurut Susan G. Komen Foundation, ekstrak biji anggur di eksplorasi sebagai pilihan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, salah satu diantaranya adalah diabetes renopati. Diabetes renopati merupakan penyakit yang mempengaruhi pembuluh darah kecil pada retina mata.

3. Degenerasi makula

Menurut University of Washington, OPC yang terkandung di dalam ekstrak biji anggur dapat membantu mencegah atau memperlambat perkembangan degenerasi makula yaitu suatu kondisi yang melibatkan hilangnya bagian tengah mata. Dr. Theresa Graedon, c0-penulis “The People’s Pharmacy Guide to Home and Herbal Remidies” merekomendasikan ekstrak biji anggur untuk memperlambat degenerasi makula serta mengurangi stres visual yang di sebabkan oleh layar komputer.

4. Mengatasi rabun senja

Penyakit rabun senja biasanya dapat di sebabkan oleh kelainan rabun jauh yang ekstrem atau penyebab lain yang lebih serius seperti halnya penyakit retina. Sebuah penelitian yang dilakukan di universitas Maryland mengatakan bahwasanya ekstrak biji anggur dapat membantu meningkatkan penglihatan di malam hari. Pernyataan tersebut dikuatkan oleh University of Colorado, Denver yang mengklaim bahwa ekstrak biji anggur bisa di manfaatkan untuk mengatasi beberapa komplikasi diabetes antara lain adalah degenerasi makula dan juga rabun senja.

5. Mencegah katarak

Manfaat terakhir dari ekstrak biji anggur adalah dapat digunakan sebagai upaya pencegahan katarak. Dalam studi “Molecular Vision” diketahui bahwa ekstrak biji anggur berguna untuk mencegah atau membalikkan kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan pembentukan katarak. Sebuah studi hewan laboraturium yang mempublikasikan pada bulan Juni 2016 “Journal of Cataract and Refractive Surgery” menemukan bahwa dosis 100 mg per kilogram berat anggur mampu secara efektif mencegah pembentukan katarak.

Setelah mengetahui khasiat dan manfaat ekstrak biji anggur untuk kesehatan mata, tentu Anda ingin mengetahui cara mengkonsumsinya. Selain dijadikan ramuan, manfaat biji anggur juga banyak di produksi menjadi minyak essensial. Selain untuk mata, minyak biji anggur sangat baik untuk kesehatan lainnya bahkan dapat digunakan untuk kecantikan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat…

Manfaat Biji Anggur Untuk Kesehatan Mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *