Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Katarak

15 Feb

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Katarak,- Katarak adalah suatu kondisi kelainan pada mata yang menyebabkan adanya bagian yang keruh pada lensa mata. Tidak hanya pada orang dewasa, kondisi katarak juga bisa menyerang bayi dan anak-anak, meskipun kemungkinannya kecil. Katarak merupakan jenis penyakit mata yang menjadi penyebab kebutaan paling tinggi di dunia.

Bagi Anda yang ingin terhindar dari risiko tinggi katarak, kami menyarankan Anda untuk melakukan pencegahan dan pengobatan sejak dini. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur pola makan dan menghindari berbagai jenis makanan penyebab katarak.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Katarak

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Katarak1. Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 lebih banyak jika dibandingkan dengan ikan lainnya. Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 maka akan terhindar dari gangguan mata dan dapat mengurangi katarak.

2. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang sangat penuh dengan manfaat terutama untuk menjaga kesehatan mata. Bayam mampu mengembalikan kesehatan makula mata dan menghapuskan bayangan yang menyebabkan katarak. Bayam banyak mengandung lutein dan zeaxhantin, serta vitamin C yang dapat mencegah penyakit glaukoma.

3. Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik bagi kesehatan mata. Hal ini karena wortel mengandung betakaroten yang mana betakaroten tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Wortel juga bermanfaat untuk melepaskan radikal bebas yang ada dalam tubuh. (Baca juga: Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata)

4. Alpukat

Buah Alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lutein paling banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi lutein sendiri adalah mencegah degenerasi makula dan katarak. Selain itu, buah alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan betakaroten yang berguna dalam membentuk vitamin A agar dapat diserap tubuh dengan baik.

5. Tomat

Selain sering digunakan untuk merawat kesehatan kulit wajah, ternyata tomat juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Tomat diperkaya vitamin A, vitamin C, dan lycopene yang merupakan nutrisi yang sangat penting untuk mata.

6. Telur

Makanan yang satu ini mengandung sumber nutrisi yang sangat baik untuk mata diantaranya lutein, B12, vitamin D, zinc, vitamin A dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang terkandung di dalam putih telur adalah antioksidan terbaik yang dapat mencegah proses degenerasi makula dan penyakit katarak. (Baca juga: Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara Mengatasinya)

7. Bawang Putih

Kandungan selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione pada bawang putih bermanfaat untuk melindungi lensa mata dari radikal bebas seperti sinar UV. Selain itu bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah, memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh yang tentu saja akan membantu mata kita agar tetap sehat.

8. Brokoli

Brokoli mengandung beberapa zat yang penting untuk menghambat katarak dan menyembuhkan katarak secara alami. Beberapa nutrisinya adalah beta karoten, zeaxanthin, vitamin A, fosfor, vitamin C, vitamin E dan vitamin B. Berbagai nutrisi tersebut penting untuk mencegah kerusakan pada bagian makula. Bahkan zat ini penting untuk melindungi mata agar terhindar dari radiasi.

9. Cokelat hitam

Cokelat hitam (dark chocolate) memiliki fungsi dapat meningkatkan ketajaman penglihatan. Hal ini karena cokelat hitam mengandung suatu zat yang dinamakan flavonoid yang bertugas melindungi pembuluh darah pada mata sehingga secara otomatis dapat memperkuat kornea dan retina mata.

10. Biji Bunga Matahari (Kuaci).

Biji bunga matahari mengandung selenium, zinc dan vitamin E yang bisa mencegah gangguan pada mata seperti katarak dan gangguan pada mata yang disebabkan oleh faktor penuaan. Selain itu biji bunga matahari juga mengandung vitamin B2 yang berfungsi untuk mengatasi penyakit sensitivitas mata terhadap cahaya atau sering dikenal dengan istilah “photophobia”.

11. Kacang Almond

Kacang almond juga direkomendasikan sebagai makanan untuk penderita katarak. Kacang almond mengandung antioksidan alami seperti vitamin E. Antioksidan pada kacang almond sangat penting dalam menjaga lapisan makula agar menjadi lebih sehat. Penelitian yang dilakukan dengan mengkonsumsi kacang tersebut sekitar 50 gram maka akan membantu mengurangi risiko katarak yang memburuk.

12. Kale

Selain menyehatkan kale juga bisa menjadi salah satu makanan yang bisa mengobati katarak. Sayuran kale banyak mengandung bahan yang penting untuk menyembuhkan katarak seperti vitamin C. Kale termasuk sayuran hijau yang sangat penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin untuk menjaga kesehatan mata.

13. Teh Hijau

Selain dapat menyehatkan tubuh, ternyata teh hijau juga memberikan manfaat yang sangat bagus untuk mata. Teh hijau bisa mengatasi berbagai keluhan pada mata. Teh hijau mengandung bahan yang penuh dengan sumber antioksidan. Katekin dan polifenol akan meningkatkan kesehatan mata. Teh hijau akan menghilangkan kabut yang bisa mengatasi katarak. Bahan-bahan antioksidan ini juga penting untuk menyerang radikal bebas dalam mata yang menyebabkan katarak.

14. Labu Kuning

Labu kuning mengandung senyawa alpha-carotene, antioksida, lutein, dan zeaxanthin. Nutrisi ini dapat mencegah penuaan dini, memelihara kesehatan mata, mencegah terjadinya katarak, dan degenerasi makula yang bisa menyebabkan kebutaan.

15. Jambu Merah

Buah yang satu ini selain rasanya yang manis dan aromanya yang kuat, ternyata sangat bermanfaat untuk menyembuhkan mata katarak. Didalam jambu merah terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Buah yang kaya akan vitamin C sangat bagus untuk membantu meningkatkan kesehatan mata. Selain itu jambu merah juga bisa menjadi sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Selain dengan mengonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita katarak diatas, Anda juga bisa mengonsumsi obat katarak tanpa operasi yang terbuat dari 100% bahan herbal alami berkualitas yang aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping.

Artikel Terkait:

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Katarak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *