Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Cacar Air

26 Sep

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Cacar Air,- Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang mudah sekali menular apalagi terhadap orang yang memiliki daya tahan tubuhnya rendah. Pengobatan cacar air tidak hanya melalui obat-obatan saja tapi juga harus didukung dengan asupan makanan yang sehat.

(Baca juga: Penyebab Cacar Air)

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Cacar Air

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Cacar AirDemi untuk pemulihan yang lebih cepat, ada baiknya mengkonsumsi makanan yang direkomendasikan. Meskipun kesembuhan setiap penderita dapat berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Makanan yang direkomendasikan adalah makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mendorong kesehatan cacar air.

Berikut adalah makanan yang dianjurkan untuk penderita cacar air yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Jahe

Tak hanya ampuh menjadi obat batuk alami dan aman, jahe pun mampu meningkatkan daya tahan tubuh penderita cacar air. Antimikroba diketahui terkandung di dalam jahe dan kandungan inilah yang begitu ampuh melawan berbagai jenis bakteri dan infeksi. Anda dapat mengkonsumsinya langsung atau diminum dalam bentuk wedang.

2. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumpu dapur yang dianjurkan untuk penderita cacar air karena merupakan salah satu makanan yang bisa menaikkan daya tahan tubuh. Kandungan allcin-lah bawang putih ini lebih terpercaya dalam membasmi segala infeksi dan bakteri yang menginvasi tubuh.

3. Teh Herbal

Kehilangan nafsu makan adalah gejala yang umum terjadi pada cacar air yang akhirnya berujung pada dehidrasi. Untuk menghindari masalah tersebut, mengkonsumsi teh herbal yang terbuat dari cahmomile, kayu manis, dan kemangi dapat menjadi solusi alternatif untuk penderita cacar air.

4. Yogurt

Penderita cacar air tidak boleh mengkonsumsi makanan yang bertekstur kasar, tentu mengonsumsi yogurt adalah pilihan yang baik. Ada banyak jenis makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, namun banyak dari makanan tersebut bertekstur keras sehingga tidaklah dianjurkan. Yogurt juga adalah jenis makanan baik yang mengandung bakteri baik sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan.

(Baca juga: Ciri-Ciri Penyakit Cacar Air)

5. Telur

Telur adalah makanan yang mengandung protein tinggi yang dapat membantu membentuk otot dan membuat sirkulasi darah lebih lancar. Tidak hanya itu, telur juga merupakan makanan yang baik untuk penderita cacar air karena dapat meningkatkan sistem imun. Asalkan konsumsi dalam takaran yang wajar dan tidak berlebihan.

6. Sup Ayam

Bila ingin cepat sehat, menu sup ayam bisa dimasukkan ke dalam makanan yang dikonsumsi penderita cacar air. Sup ayam hangat adalah menu tepat bahkan untuk yang menderita flu serta demam. Semangkuk sup ayam setiap hari selama mengalami cacar air bakal sangat membantu dalam menormalkan kembali daya tahan tubuh yang sempat turun.

7. Lemon

Bagi penderita cacar air, untuk kesembuhan lebih cepat, justru dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan seperti buah jeruk. Dan itu artinya lemon pun bisa jadi pilihan karena buah segarĀ  ini bisa menaikkan sistem imun tubuh penderita cacar air dengan cepat. Memakan bagian dagingnya akan memenuhi asupan vitamin C sehingga segala penyakit lain yang mencoba menyerang dapat dicegah.

8. Buah Beri

Makanan yang dianjurkan selanjutnya adalah buah beri. Raspberry dan blueberry adalah pilihan buah beri paling baik untuk dikonsumsi selama cacar air belum hilang. Kandungan antioksidan dalam buah ini adalah dapat membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat secara sempurna dan alami. Buah beri tersebut akan memulihkan kondisi penderita cacar air dalam waktu yang singkat.

9. Oat dan Barley

Oat dan barley memiliki kandungan antioksidan yang baik yang dapat membantu menambah daya tahan tubuh pada penderita cacar air. Serat potensial dan antimikroba yang dimiliki makanan ini memiliki efek yang sempurna dalam melawan bakteri dan sangat bak untuk menyembuhkan tubuh penderita cacar air.

10. Ubi Jalar

Sistem kekebalan tubuh yang menurun pada penderita cacar air, dapat dipulihkan dengan menambahkan ubi jalar ke dalam daftar makanan harian kita. Membentengi tubuh kita dari serangan berbagai virus dan bakteri, tentu ubi jalar yang direbus akan sangat baik. Sebaiknya tidak digoreng maupun dijadikan kolak.

11. Tomat

Tomat adalah jenis sayur yang dianjurkan untuk memulihkan cacar air lebih cepat. Selain itu, tomat juga adalah sayur yang mengandung banyak air sehingga sangat bagus dalam menambah asupan cairan tubuh. Ketika asupan cairan dipenuhi, otomatis penderita cacar air juga akan merasa lebih baik. Konsumsi dengan menjadikannya sup atau memakannya langsung bisa dilakukan.

12. Semangka

Penderita cacar air perlu mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air supaya asupan cairan meningkat, seperti buah semangka. Untuk memulihkan keadaan selama menderita cacar air, semangka perlu dikonsumsi rutin. Semangka dapat dijus atau dimakan langsung sesuai dengan keinginan.

13. Kubis

Penderita cacar air dianjurkan untuk memakan segala jenis sayuran hijau, termasuk kubis. Kandungan tinggi akan glutamin membuat kubis ini terpercaya dalam menaikkan daya tahan tubuh yang sempat turun. Asam amino esensial tersebut dibutuhkan karena tubuh kita tidak memproduksinya.

14. Wortel

Jenis sayuran berikutnya yang bisa dimasukkan ke dalam daftar makanan penderita cacar air adalah wortel. Dibuat sup akan jauh lebih baik dan pastikan bahwa wortel sudah cukup empuk untuk dimakan. Ini karena penderita tak boleh makan makanan yang bertekstur terlalu keras di mana terkadang kita bisa saja memasak wortel yang masih keras.

15. Alpukat

Alpukat menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin B6 selain kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin B1. Buah ini bisa dijadikan jus bila tak ingin memakannya langsung. Namun ingat bahwa penderita cacar air tidak boleh mengonsumsi produk susu sehingga tidak perlu menambahkan susu kental manis. Buah ini kaya akan mineral sehingga selain mempercepat pemulihan, usus kita pun akan dibersihkan dengan alami.

16. Air Putih

Selain dengan makananan yang telah disebutkan diatas, air putih juga tak boleh ketinggalan. Kurangnya konsumsi air putih akan cukup berisiko bagi kesehatan, salah satunya kondisi tubuh yang menurun. Dengan menambah asupan cairan lewat banyak minum air putih sebanyak 8-10 gelas air putih sudah cukup asalkan diminum setiap hari dengan takaran yang sama.

Untuk memaksimalkan dan mengefektifkan proses penyembuhan penyakit cacar air Anda bisa mengkonsumsi QnC Jelly Gamat yang sangat dianjurkan bagi penderita cacar air untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. QnC Jelly Gamat sudah terdaftar di DEPKES P-IRT No. 109321601291-1229, BPOM RI No POM TR 173301471 serta berlabelkan HALAL dari MUI, sehingga aman untuk dikonsumsi. Info Lebih Lengkap, klik >> Obat Herbal Cacar Air

Sekian artikel mengenai makanan yang dianjurkan untuk penderita cacar air. Semoga bisa membantu dan terima kasih atas kunjungannya..

Salam sehat, by:

www.penyakittipes.web.id

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Cacar Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *