Makanan Penyebab Hipertensi Yang Harus Dihindari

9 Mei

Makanan Penyebab Hipertensi Yang Harus Dihindari,- Hipertensi atau darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan dalam pembuluh darah melebihi batas normal yaitu 120/80 mmHg. Hipertensi merupakan penyakit yang dapat menyebabkan penyakit-penyakit lain seperti stroke dan penyakit jantung. Selain dua penyakit tersebut. Darah tinggi juga dapat menjadi penyebab penyakit gagal ginjal.

Tahukah Anda ? Di Amerika, penderita darah tinggi mencapai hingga lebih dari setengah warga Amerika. Sedangkan Indonesia memiliki 32% dari jumlah warganya yang mengalami darah tinggi.

Selain faktor genetik, terjadinya hipertensi tidak terlepas dari faktor gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu yang dapat menyebabkan darah tinggi naik.

Disamping olahraga teratur dan minum obat, penderita hipertensi sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan penyebab hipertensi berikut ini.

Makanan Penyebab Hipertensi Yang Harus Dihindari

Makanan Penyebab Hipertensi Yang Harus Dihindari

1. Garam

Garam dan sodium merupakan musuh utama kesehatan manusia khususnya jika anda ingin menjaga tekanan darah. Jika tekanan darah sudah mencapai 120 per 80 mmHg maka harus sudah mewaspadai asupan garam yang dikonsumsi. Bagi sebagai menu sehari-hari dari sarapan, makan siang maupun makan malam. Dan juga perlu secara ketat menjaga asupan garam dari makanan camilan yang dikonsumsi.

Penderita pra hipertensi atau yang memiliki tekanan darah normal sekalipun, hindari konsumsi makanan kemasan dan makanan-makanan yang dijual direstoran.

2. Gula

Gula sudah dikenal sebagai penyebab obesitas dan sangat dilarang untuk penderita diabetes. Gula dalam jumlah tertentu memang dibutuhkan bagi tubuh. Namun jika dalam jumlah yang berlebihan, tentu tidak akan menyehatkan lagi bagi tubuh kita. Pada keadaan seorang yang obesitas, biasanya juga ditemukan tekanan darah yang tinggi, sehingga dikatakan gula sangat erat dengan hipertensi atau penyakit darah tinggi. Disarankan untuk mengkonsumsi gula ini adalah enam sendok teh saja setiap harinya.

3. Makanan yang mengandung lemak/kolesterol

Salah satu jenis makanan penyebab darah tinggi yaitu makanan yang mengandung lemak jahat/kolesterol. Contoh makanan yang mengandung kolesterol yaitu jeroan sapi dan kambing. Daging kambing, makanan cepat saji seperti pizza, sosis dan hamburger. Selain menyebabkan tekanan darah tinggi, makanan tersebut juga bisa menjadi pemicu penyakit lain seperti serangan jantung.

4. Sayur dan buah-buahan kaleng

Makanan yang diawetkan seperti sayuran dan buah-buahan kaleng juga dapat memicu hipertensi. Sebenarnya keduanya memiliki banyak sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun hal ini tidak berlaku bagi sayuran maupun buah-buahan yang berada di dalam kaleng. Pengawet di dalamnya dapat memicu adanya darah tinggi di dalam tubuh.

5. Mie Instan

Mie instan merupakan salah satu makanan yang cukup banyak digemari, terutama bagi anak perantauan dan orang yang sibuk karena tidak sempat memasak. Namun sebenarnya mie instan juga bisa memicu adanya hipertensi, kemudian beralih ke penyakit ginjal. Mengonsumsi mie instan terlalu sering akan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan karena mengandung banyak pengawet yang bisa membuat tekanan darah menjadi naik.

6. Kulit Ayam

Kulit ayam memiliki kandungan lemak jenuh yang dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya hipertensi. Bahkan seseorang yang mengalami keluhan hipertensi tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi olahan kulit ayam dalam bentuk apapun.

Lemak jenuh atau lemak trans yang terdapat dalam kulit ayam juga kebalikan dari makanan rendah kolesterol. Jumlah kolestrol jahat yang tinggi didalamnya akan dapat membuat tekanan darah tinggi semakin parah. Kondisi ini patut diwaspadai karena akan dapat mengarah pada resiko jantung koroner.

7. Acar

Makanan acar tentu cukup sehat karena terbaut dari buah-buahan serta rendah kalori, namun kandungan dalam 1 buah acar mentimun bisa mengandung 570 mg natrium. Kandungan natrium inilah yang menyebabkan acar tidak baik untuk penderita hipertensi.

8. Alkohol

Minuman beralkohol, termasuk anggur merah, sebaiknya hanya dikonsumsi 1 kali per hari untuk wanita dan 2 kali per hari untuk pria. Saran per sajiannya setara dengan 1 gelas wine ukuran 100 mL atau 1 kaleng bir ukuran 350 mL. Terlalu sering mengonsumsi jenis minuman ini dan dalam jumlah melewati batas yang dianjurkan, dapat meningkatkan risiko hipertensi.

9. Kafein

Salah satu penyebab seseorang menjadi terjaga setelah minum kopi adalah kerja kafein yang melonjakkan tekanan darah untuk sementara. Kondisi ini tidak berbahaya bila terjadi sesekali. Namun bila terlalu sering, dapat menjadi pemicu hipertensi.

Batas konsumsi kafein adalah 400 mg per hari atau setara dengan 4 cangkir kopi. Selain kopi, minuman bersoda, teh, dan minuman berenergi juga bisa mengandung kafein.

Itulah beberapa makanan penyebab hipertensi yang harus dihindari yang dapat kami sampaikan.

ANDA MENGALAMI PENYAKIT HIPERTENSI ?
SUDAH MELAKUKAN BERBAGAI MACAN PENGOBATAN NAMUN BELUM MENDAPATKAN HASIL YANG MAKSIMAL??

Jangan Kawatir !!! Kami Punya SOLUSINYA…..

KINI HADIR !!! QnC Jelly Gamat Obat Penyakit Hipertensi berbahan dasar 100% Ekstrak Teripang Emas Asli Indonesia yang sudah teruji secara klinis dan TERBUKTI keampuhannya

Harga QnC Jelly Gamat Rp.155.000/botol (belum termasuk ongkir)
>> BELI BANYAK HARGA LEBIH MURAH <<

Cara Pemesanan Obat QnC Jelly Gamat Via SMS, Cukup Kirimkan:

QBU-HI : Jumlah Pesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.HP/Tlp
Kirim Ke 081.2211.88261

Untuk Info Harga dan Cara Pemesanan Lebih Lengkap, bisa lihat di >> Obat Herbal Hipertensi

Semoga artikel ini bermanfaat…

Makanan Penyebab Hipertensi Yang Harus Dihindari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *