Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara Mengatasinya

14 Feb

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara Mengatasinya,- Mata merupakan salah satu panca indra yang memiliki peran penting bagi hidup manusia. Dengan mata kita bisa melihat isi dunia dan melakukan berbagai jenis aktivitas. Namun mata juga seperti organ tubuh lain yang bisa terkena penyakit dan fungsinya mengalami penurunan. Ada beberapa macam penyakit mata yang bisa menyerang mulai dari bayi, anak-anak, remaja hingga lansia.

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara Mengatasinya

1. Glaukoma

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaPenyakit mata glaukoma ditandai dengan peradangan yang mulai kabur serta berkurangnya lebar penglihatan. Hal ini dapat merusak retina dan saraf pada mata. Jika tidak ditangani dengan cepat akan menimbulkan kebutaan bagi penderitanya. Hal ini disebabkan saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat sehingga membesar dan menekan saraf mata yang berada dibelakang bola mata dan akhirnya saraf mata tidak mendapat aliran darah dan mati.

2. Katarak

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaKatarak adalah suatu penyakit mata dimana lensa mata menjadi keruh dan menyebabkan penglihatan berkurang atau kebutaan. Secara umum, katarak diderita oleh orang lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi pada usia muda. Katarak dapat terjadi karena beberapa faktor penyebab seperti diabetes, trauma mata, paparan sinar UV serta riwayat keluarga.

Gejala yang dialami penderita adalah gangguan pada penglihatan, dimana akan terlihat kabur, pandangan seperti berkabut/berasap, merasa silau, ada bayangan disekitar sinar, dan penglihatan ganda. (baca juga: Cara Mencegah Katarak Sejak Dini)

3. Degenerasi Makula

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaDegenerasi makula adalah sebuah penyakit mata yang menyerang pada bagian makula sehingga menyebabkan mata tidak bisa melihat dengan jelas atau penglihatan kabur. Gejala dari degenerasi makula adalah penglihatan mata kabur/tidak fokus, adanya garis gelombang dalam penglihatan, tidak bisa mengenal warna dengan baik, sulit mengenali wajah, tidak bisa melihat warna cerah, dll.

Degenerasi makula dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu bertambahnya usia umumnya diatas 65 tahun, faktor keturunan, merokok, obesitas, serta diet sayur dan buah tanpa tambahan nutrisi lain.

4. Rabun Dekat (Hiperopia)

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaRabun dekat adalah jenis kelainan yang menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat benda terlalu dekat. Biasanya penderita rabun dekat adalah orang dengan usia diatas 40 tahun.

5. Rabun Jauh (Miopia)

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaRabun jauh atau mata minus adalah jenis kelainan mata yang menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat benda yang terlalu jauh. Rabun jauh juga bisa terjadi pada anak-anak.

Baca juga: Penyakit Mata Minus

6. Rabun Senja

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaRabun senja atau rabun ayam (nyctalopia) adalah sebuah penyakit mata yang menyebabkan penderitanya kesulitan melihat jika kekurangan sumber vahaya. Penyakit ini bisa disebabkan karena luka, malnutrisi (kekurangan vitamin A) atau sejak lahir.

 

7. Presbiopia

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaPresbiopia adalah kelainan refraksi yang diakibatkan oleh melemahnya kelenturan lensa mata untuk mengatur kecembungannya. Penyakit ini berhubungan dengan proses penuaan. Lansia penderita presbiopia akan mengalami pandangan kabur baik melihat objek yang jauh ataupun dekat. Maka dari itu, penanganan presbiopia adalah dengan menggunakan kacamata lensa ganda (bagian cekung untuk melihat jauh, bagian cembung untuk melihat dekat dan membaca).

8. Astigmatisma (Mata Silinder)

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaAstigmatisma adalah kondisi dimana cahaya memiliki lebih dari satu titik fokus, sehingga baik penglihatan jarak dekat maupun jarak jauh penglihatan akan terasa buram. Hal ini diakibatkan oleh tidak idealnya bentuk dari kornea, dapat berupa permukaan yang tidak rata atau kelengkungan kornea. Karena permasalahan astigmatisma terletak pada struktur kornea, maka diperlukan lensa untuk mengatur cahaya masuk ke mata secara merata, hingga akhirnya membentuk hanya 1 fokus saja yaitu dengan lensa yang berbentuk silindris (tabung). (Artikel terkait: Obat Herbal Mata Silinder)

9. Blefaritis

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaBlefaritis merupakan peradangan yang terjadi pada kelopak mata dikarenakan produksi minyak yang berlebihan sehingga menganggu penderita. Gejala yang ditimbulkan oleh blefaritis yaitu ditandai dengan mata merah, nyeri, panas, gatal, berair, dan juga ada luka yang membengkak pada kelopak mata. Penyakit mata blefaritis terbagi menjadi 2 jenis yaitu blefaritis anterior dan posterior.

Blefaritis anterior merupakan peradangan dikelopak mata bagian luar depan, dimana melekatnya bulu mata dan penyebabnya yaitu bakteri stafilokokus. Sedangkan blefaritis posterior, yaitu peradangan dikelopak mata bagian dalam bersentuhan dengan mata. Penyebabnya adalah kelebihan kelenjar minyak.

Artikel terkait: Walatra Sehat Mata Softgel

10. Hordeolum

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaHordeolum atau bintitan adalah kondisi peradangan kelenjar yang bernama Zeiss, Moll, atau Meibom yang terletak di dalam kelopak mata. Ketiga kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi cairan “minyak” atau lipid dan keringat yang berfungsi sebagai pelumas kelopak mata.

Peradangan pada salah satu kelenjar kelopak mata tersebut menimbulkan gejala bengkak pada kelopak mata, kemerahan, rasa sakit, rasa kelilipan, dan terkadang disertai rasa panas dan gatal. Agen infeksi yang biasanya menyebabkan penyakit ini dalah bakteri dari kelompok Staphylococcus sp. Infeksi hordeolum ini bersifat supuratif yaitu mengeluarkan nanah, berada dibalik benjolan bintitan.

11. Ablasio Retina

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaAblasio retina adalah sebuah kondisi yang menyebabkan lapisan penting dari jaringan pada retina mengalami penurunan sehingga posisinya lebih ke bawah atau menarik ke dalam yang menyebabkan gangguan untuk pembuluh darah di daerah ini. Kondisi ini akan menyebabkan retina mengalami kekurangan oksigen sehingga bisa menyebabkan kebutaan.

(* Khasiat Buah Blueberry Untuk Mata

12. Mata Berair

Jika mata menghasilkan terlalu banyak air mata, saluran air mata menjadi kewalahan dan mata menjadi berair. Mata berair bisa disebabkan oleh emosi yang kuat atau tertawa, cuaca, atau berbagai kondisi yang berbeda.

13. Mata Kering

Hal ini terjadi ketika kelenjar air mata tidak dapat membuat cukup air mata yang kemudian menghasilkan air mata yang berkualitas buruk. Mata kering dapat menjadi tidak nyaman, menyebabkan gatal-gatal, rasa terbakar, namun sangat jarang terjadi kebutaan yang disebabkan mata kering.

14. Mata Belekan

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaBelekan biasa terjadi saat mata mengalami mata merah yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Belekan juga bisa terjadi pada bayi. Biasanya kotoran berupa belek akan keluar terus menerus. Saat bangun tidur mata akna sulit dibuka karena belek yang terlalu banyak dan melekat pada bulu mata yang membuatnya sulit dibuka.

15. Buta Warna

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaButa warna dalah suatu kondisi dimana seseorang sama sekali tidak dapat membedakan warna. Yang dapat dilihat hnayalah warna hitam, abu-abu, dan putih. Buta warna biasanya merupakan penyakit turunan. Artinya jika seseorang buta warna, hampir pasti anaknya juga buta warna.

 

16. Konjungtivitis

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaKonjungtivitis adalah iritasi akibat infeksi bagian selaput yang melapisi mata. Gejala penyakit mata ini biasanya mata memerah, berair,gatal, terasa nyeri, keluar belekan dan penglihatan menjadi kabur. Konjungtivitis mudah menular dan umumnya disebabkan oleh beberapa faktor seperti alergi (serbuk, bulu, debu, angin/asap), infeksi bakteri, penggunaan lensa kontak yang kurang bersih.

17. Selulitis Orbitalis (SO)

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaSelulitis orbitalis adalah peradangan pada jaringan disekitar bola mata. Gejala penyakit ini berupa mata bengkak, bola mata menonjol dan bengkak, mata merah, nyeri serta penderita mengalami demam. Sering terjadi akibat cedera mata infeksi sinus / infeksi yang berasal dari gigi. SO yang tidak segera ditangani bisa berakibat fatal, seperti infeksi otak/ pembekuan darah diotak dan kebutaan.

(* Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Mata

18. Endoftalmitis

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaEndoftalmitis merupakan infeksi yang terjadi dilapisan mata bagian dalam sehingga bola mata bernanah. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, bahkan gangguan penglihatan. Penyakit ini biasanya terjadi karena mata anak tertusuk sesuatu seperti jarum/benda tajam lainnya. Infeksi ini cukup berat sehingga harus segera ditangani sebab bisa menimbulkan kebutaan.

19. Pterigium

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaPterigium adalah suatu pertumbuhan merah dimata yang pada umumnya tidak berbahaya, walaupun demikianb tidak enak dipandang dan dapat menghalangi penglihatan. Kondisi ini berkembang secara perlahan, sifatnya jinak, dan umunnya tidak berbahaya. Namun, pterigium kadang kala tumbuh pada kornea, dan dalam beberapa kasus langka, dapat tumbuh cukup besar sehingga menutupi kornea pusat dan mengganggu penglihatan.

20. Retinopati

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaRetinopati adalah penyakit pada retina dimana terjadi penuruanna fungsi dan kematian jaringan, sehingga penglihatan penderita akan menurun secara progresif dan lema-kelamaan dapat menyebabkan kebutaan. Penderita akan mengeluh pandangan makin kabur. Kematian jaringan retina ini merupakan komplikasi dari berbagai penyakit seperti anemia, diabetes melitus, hipotensi, hipertensi, retinopati leukimia.

21. Mata Juling (Strabismus)

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaMata juling adalah mata kehilangan kemampuan mengendalikan arah bola mata. Kelainan ini akan membuat penderita tidak dapat mengarahkan bola mata pada objek yang sesungguhnya. Penyakit ini bisa menyerang siapa. Kelainan ini biasa terjadi sejak kecil hanya berfokus melihat satu benda yang berada diatas kepala.

 

22. Keratitis

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara MengatasinyaKeratitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, jamur dan bakteri yang menyerang kornea mata. Kelainan pada mata ini ditandai dengan tumbuhnya bintik-bintik putih pada kornea mata. Bintik tersebut merupakan jamur yang tumbuh dikornea mata. Penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditangani akan menyebabkan kebutaan.

Agar terhindar dari beberapa gangguan mata diatas, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Bagi Anda yang mengalami salah satu gangguan mata diatas, Anda bisa mengkonsumsi Walatra Sehat Mata Softgel yaitu nutrisi mata yang terbuat dari 100% bahan herbal alami. Aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping.

Demikianlah informasi mengenai macam-macam penyakit mata dan cara mengatasinya yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat…

Baca juga:

Salam sehat, by: www.penyattipes.web.id

Macam-Macam Penyakit Mata dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *