Khasiat Daun Jambu biji Untuk Diare dan Cara Mengolahnya

15 Nov

Khasiat Daun Jambu biji Untuk Diare dan Cara Mengolahnya,- Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu biji dikenal mengandung banyak vitamin C. Jambu biji juga memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh yang terdiri dari kalori, vitamin A (karoten), vitamin B1, vitamin c, hidrat arang, air, fosfor, protein dan rendah lemak.

Khasiat Daun Jambu biji Untuk Diare dan Cara MengolahnyaTidak hanya itu, jambu biji juga banyak mengandung zat besi seperti minyak atsiri, asam psidiolat, asam ursolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan beberapa jenis vitamin. Dari sekian banyak kandungan jambu biji, manfaat jambu biji untuk kesehatan sangat banyak. Salah satunya berguna untuk mengobati penyakit diare, karena jambu biji merupakan sumber serat makanan terkaya dalam hal buah. Jambu biji juga telah dikenal sejak lama sebagai obat alami untuk mengatasi diare.

Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Diare

Diare merupakan gejala encernya tinja yang dikeluarkan yang disertai dengan peningkatan frekuensi buang air besar (BAB) yang terjadi selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Diare pada umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus atau parasit. Selain itu, diare juga dapat disebabkan oleh keracunan makanan, adanya gangguan lambung, stress, badan kecapaian, sakit maag dsb. Baca juga: Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya

Daun jambu biji dianggap sebagai salah satu obat diare karena mempunyai sifat anti diare, terutama yang disebabkan oleh infeksi. Hal ini dikarenakan daun jambu biji memiliki kandungan zat flovanoid, di mana di dalamnya terdapat quercetin glycoside yang mampu menghambat atau mengurangi pembuangan air besar.

Kandungan zat Tannin berguna untuk mengecilkan pori-pori usus yang membuat aliran air yang masuk ke dalam usus besar menjadi berkurang sehingga membuat tinja menjadi keras. Kandungan tannin pada daun jambu biji ini cukup besar, yaitu sebesar 17% dan diindikasikan oleh adanya rasa pahit ketika dikunyah. Tannin juga berguna sebagai penghambat pertumbuhan mikroorganisme di dalam perut yang menyebabkan reaksi diare, penghambat racun dalam sistem pencernaan dan mengumpulkan protein yang ada.

(* Anjuran dan Pantangan Penderita Diare

Cara Mengolah Daun Jambu Biji Untuk Diare

Sebenarnya untuk mengolah daun jambu biji tidak sulit, dengan mengkonsumsinya daun jambu biji muda secara langsung itu pun sudah cukup. Namun alangkah baiknya daun jambu biji ini diolah untuk mendapatkan khasiat yang maksmial. Berikut adalah diantarnya:

1. Menumbuk

–  Siapkan 6 lembar daun jambu biji dan 1 cangkir air matang.
– Tumbuk daun jambu biji hingga halus dan masukkan ke dalam 1 cangkir air matang.
– Peras air tersebut dan minum 2 kali sehari.

2. Merebus

–  Siapkan 3 lembar daun jambu biji dan 3 gelas air.
– Rebus 3 lembar daun jambu biji dalam 3 gelas air hingga tersisa satu gelas.
– Saring dan minum air rebusan tersebut.

3. Memakannya

–  Ambil daun jambu biji muda, cuci bersih.
– Beri sedikit garam pada daun, lipat.
– Kunyah, telan airnya lalu buang ampasnya.

4. Menyeduh

– Rebus daun jambu biji dengan air mendidih.
– Seduh air rebusan jambu biji dengan teh, minum 2 kali sehari.

Demikianlah informasi mengenai khasiat daun jambu biji dan cara mengolahnya yang dapat Anda buat dirumah. Daun jambu biji dianggap cukup aman sebagai obat diare karena merupakan salah satu bahan alami dan menyehatkan.

Semoga informasi ini bermanfaat…

Salam sehat, by:

Obat Herbal Diare

 

Khasiat Daun Jambu biji Untuk Diare dan Cara Mengolahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *