Kenali Ciri-Ciri Penyakit Cacar Air Sejak Dini

20 Sep

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Cacar Air Sejak Dini,-Cacar air (varicella) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyebabkan ruam gatal dengan lepuh kecil yang berisi cairan. Cacar air umumnya menyerang anak-anak, namun juga dapat terjadi pada orang dewasa. Penyakit cacar air disebabkan oleh virus varicella-zoster. Penyakit ini dapat menular dengan cepat melalui batuk, bersin dan cairan yang terbentuk pada lepuhan cacar air pada kulit. Untuk meminimalisir penyebaran cacar air maka harus kita kenali terlebih dahulu gejala dan ciri-ciri cacar air.

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Cacar Air Sejak Dini

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Cacar Air Sejak Dini

Ciri utama cacar air yang mudah dikenali adalah ruam merah pada kulit yang ditengahnya terdapat lepuhan berisi cairan (vesikel) berwarna bening. Terdapat sejumlah gejala lain yang mungkin dialami oleh pengidap sebelum kemunculan ruam. Gejala-gejala tersebut bisa berupa:

  • Demam
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Mual dan muntah
  • Kehilangan nafsu makan

Gejala-gejala tersebut bisa dialami oleh penderita dewasa dengan tingkat keparahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan penderita anak-anak.

Setelah itu, akan muncul ruam yang terasa gatal. Namun, tidak semua pengidap cacar air mengalami gejala ruam yang sama. Ada yang hanya mengalaminya pada beberapa bagian tubuh tertentu (seperti kulit kepala, wajah, di belakang telinga, dada, punggung, perut, atau kaki) dan ada yang di seluruh tubuh, bahkan sampai di dalam mulut dan telinga, serta sekitar bokong. Ruam ini biasanya akan melalui tiga tahap perubahan, yaitu:

  • Ruam menjadi bentol-bentol kecil yang gatal.
  • Bentol-bentol tersebut kemudian berubah menjadi bintil berisi cairan yang sangat gatal.
  • Setelah 1-2 hari, bintil akan mengering dan menjadi koreng yang akan mengelupas sendiri.

Penanganan Cacar Air

Salah satu langkah penanganannya adalah dengan memberikan obat antivirus acyclovir. Obat ini bisa meringankan gejala cacar air jika diberikan dalam kurun waktu 24 jam setelah ruam muncul. Acyclovir berfungsi meringankan gejala-gejala cacar air dan bukan menyembuhkannya.

Cacar air tidak memiliki langkah pengobatan khusus dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Tujuannya adalah untuk mengurangi penyebaran virusnya dan meningkatkan daya tahan tubuh. Saat terkena virus cacar, Anda disarankan melakukan hal berikut:

  • Banyak minum air putih dan hindari makanan yang dapat membuat mulut sakit, khususnya makanan asin. Pencegahan dehidrasi penting bagi pengidap cacar air, terutama anak-anak. Es juga dapat diberikan untuk meringankan nyeri atau gatal akibat bintil cacar air di dalam mulut.
  • Jangan menggaruk bintil cacar air karena dapat meningkatkan risiko infeksi, berisiko menularkan ke orang lain, dan menyisakan bekas luka. Membungkus tangan dengan sarung tangan atau kaus kaki saat tidur juga dapat mencegah garukan, terutama pada anak-anak. Anda juga dapat mengoleskan losion, bedak kalamin, atau mengonsumsi chlorphenamine (cocok diminum anak-anak berusia satu tahun atau lebih). Kebersihan tangan selalu dijaga, kuku dipotong pendek, pakaian tetap kering dan bersih.
  • Kenakan pakaian berbahan lembut, seperti katun, dan longgar agar iritasi kulit yang lebih parah akibat bintil cacar air dapat dicegah.
  • Untuk mencegah dan mengatasi infeksi bakteri sekunder pada bintil cacar air yang menjadi luka terbuka akibat gesekan dan garukan, dapat digunakan sabun antiseptik yang mengandung povidone–iodine pada luka atau bintil cacar air. Selain memiliki sifat bactericidal (membunuh bakteri), povidone–iodine juga memiliki efek virucidal (membunuh virus) yang lebih luas dibandingkan dengan jenis antiseptik lain. Sabun cair antiseptik dengan povidone–iodine ini juga disarankan digunakan oleh anggota keluarga yang merawat atau pun orang yang tinggal serumah agar tidak mudah tertular. Karena kuman penyebab penyakit ini bisa bertahan di luar ruangan hingga 24 jam atau lebih.

Pengobatan Penyakit Cacar Air

Untuk mengobati cacar air kami rekomendasikan obat cacar air alami yakni QnC Jelly Gamat. Terbuat dari 100% bahan herbal alami pilihan terbaik yang memiliki khasiat mampu mencegah infalamasi atau peradangan, mempercepat proses penyembuhan luka luar dan dalam (3x lebih cepat), menutup luka berlubang dan menyamarkan bekas cacar yang menghitam dengan cara mengangkat sel-sel kulit yang telah mati (bekas cacar).

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Cacar Air Sejak Dini

QnC Jelly Gamat adalah Produk herbal unggulan MULTIKHASIAT yang sudah resmi terdaftar di BPOM RI No TR 173301471 dan DEPKES RI P-IRT No.109321601291-1229, serta bersertifikat HALAL dari MUI, sehingga aman dikonsumsi dan juga sangat efektif menyembuhkan berbagai macam penyakit tanpa efek samping.

Harga Asli QnC Jelly Gamat Rp. 155.000,- / Botol (Belum Termasuk Ongkir)

>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH <<

Cara Memesan Obat Herbal Cacar Air  “QnC Jelly Gamat”

Pembayaran QBU-CA : Nama : Jumlah Pesanan : Rekening Tujuan : Jumlah Uang : Alamat : No.HP

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Kunjungi >> Obat Herbal Cacar Air

 

Demikianlah informasi mengenai kenali ciri-ciri penyakit cacar air sejak dini. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda…

Salam sehat, by:

www.penyakittipes.web.id

 

Kenali Ciri-Ciri Penyakit Cacar Air Sejak Dini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *