Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Mata

1 Feb

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Mata,- Mata merupakan salah satu indera yang berperan penting dalam hidup kita dan patut kita jaga kesehatannya, karena dengan mata kita bisa melihat keindahan dunia ini. Namun sayangnya, banyak orang tidak tahu bagaimana cara merawat mata yang benar.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak MataSelain itu, mungkin banyak orang yang tidak menyadari jika beberapa akitifitas yang mereka lakukan dapat berdampak buruk pada penglihatan. Agar mata tetap sehat, maka hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak mata berikut ini sejak dini.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Mata

1. Sering Mengucek Mata

Tanpa kita sadari mengucek mata sudah menjadi kebiasaan, entah karena mata terasa gatal, atau ada sesuatu yang masuk pada mata atau lain sebagainya, kita sering mengucek mata. Namun, tahukah Anda jika kebiasaan mengucek mata ternyata dapat merusak mata dan penglihatan kita. Mengucek mata akan merusak lapisan kornea mata, sehingga menyebabkan peredaran darah pada mata terganggu. Jika hal ini sering terjadi, penglihatan mata akan berkurang dan menjadi kabur atau tidak jelas.

2. Terlalu lama didepan monitor atau gadget

Dalam kehidupan yang super modern seperti sekarang ini, kita tidak pernah bisa lepas dari yang namanya gadget atau monitor. Hampir semua pekerjaan atau aktvitas kita melibatkan kedua benda tersebut. Namun, Anda juga harus tahu, jika monitor ataupun gadget tidak baik untuk kesehatan mata, terlalu lama menatap monitor atau gadget dapat merusak mata dan tak jarang membuat mata minus. Untuk itu baiknya anda istirahatlah ketika mata lelah, Anda bisa imbangi dengan melihat pemandangan hijau atau dengan mengompres mata dengan es batu atau mentimun.

3. Membaca sambil tiduran dengan cahaya redup

Kebiasaan buruk berikutnya yang dapat merusak mata yaitu kebiasaan membaca sambil tiduran dengan cahaya redup. Hal ini tentu sering sekali kita lakukan. Ketika membaca sambil tiduran, jarak ideal mata dengan objek sulit ditentukan, idealnya jarak membaca buku adalah 25-30 cm. Hal ini mengakibatkan mata harus bekerja keras serta memakasa kemampuan lensa mata untuk menebal atau menipis, akibatnya mata menjadi lelah dan jika terus dilakukan bukan tidak mungkin menjadi mata minus.

4. Mengenakan lensa kotak saat tidur

Mungkin tanpa Anda sadari, penggunaan lensa kotak saat tidur juga dapat berakibat pada mata. Mulai dari meningkatkan risiko iritasi pada mata hingga terjadinya infeksi pada kornea mata. Hal tersebut disebabkan akibat mata terhalang untuk bisa terpapar oksigen dan udara bebas. Sebagai bentuk pencegahannya, jangan lupa untuk tetap mensterilkan lensa kotak Anda dan lepas jika hendak tidur.

5. Salah dalam menggunakan kacamata

Tidak hanya lensa mata saja, namun kacamata juga dapat merusak mata. Ya ketika kita salah dalam menggunakan kacamata, mata akan terasa lelah dan pusing, dan hal ini akan berdampak buruk jika dibiarkan. Bisa jadi mata kita menjadi minus dan rusak.

6. Cahaya yang terlalu terang

Memandang cahaya yang terlalu terang seperti lampu, matahari atau lain sebagainya juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata, bahkan hal terburuk adalah dapat menyebabkan kebutaan. Untuk itu baiknya Anda hindari memandang cahaya yang terlalu terang.

7. Rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol selain tidak baik untuk kesehatan juga dapat merusak kesehatan mata dan pengelihatan kita. Rokok dapat menyebabkan penyakit katarak, sedangkan alkohol akan mempercepat kerja visual dan penurunan terhadap pupil. Orang yang sering mengkomsumsi alkohol biasanya akan bermata merah karena terjadi kerusakan pada mata.

8. Kurangnya asupan nutrisi

Makanan cepat saji dan minuman bersoda bukanlah makanan yang bisa menyelamatkan kesehatan Anda. Jika ingin sehat, maka buah dan sayur adalah pilihan yang tepat. Banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan mata Anda yang hanya bisa didapat dari buah dan sayur. Jadi, perbanyak porsi asupan gizi penting ini, Ladies.

9. Kurang tidur

Salah satu kebiasaan yang mungkin dilakukan oleh seluruh orang dewasa adalah begadang. Hal ini bukan hanya buruk untuk kesehatan tubuh dan otak, namun juga berpengaruh besar terhadap kesehatan mata Anda. Jika mata lelah secara terus-menerus, tidak hanya akan menjadikan mata merah, pedih, dan kering, namun juga menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata dan pandangan kabur.

10. Kurang minum

Kurangnya konsumsi air dapat menyebabkan tubuh Anda dehidrasi dan pada akhirnya tidak menghasilkan cukup air mata untuk menjaga mata Anda tetap lembab dan mendapatkan gizi seimbang. Gejala mata terkait dehidrasi meliputi mata kering, kemerahan dan bengkak pada kelopak mata. Cukupilah konsumsi air minum sebanyak 8 gelas perhari.

11. Terlalu sering menyipitkan mata

Biasanya, kebiasaan ini terjadi karena absennya penggunaan kacamata atau kacamata hitam. Kebiasaan ini dapat menimbulkan tekanan pada mata dan rasa sakit. Kenakanlah kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV yang merusak.

12. Meneteskan obat mata secara berlebihan

Pada saat Anda merasakan mata terasa gatal, kering, merah, atau perih biasanya Anda mengambil obat tetes mata. Meski secara sekilas tindakan tersebut tidak ada masalah. Namun jika penggunaan obat tetes ini terlalu sering, maka kebiasaan tersebut malah dapat membahayakan kesehatan mata Anda.

13. Tidak melakukan pengecekan mata rutin

Pada dasarnya, pastikan Anda melakukan pengecekan mata setidaknya 1 tahun sekali. Bukan hanya untuk mengetahui masalah penglihatan yang terganggu melainkan untuk mengetahui kemungkinan adanya perubahan ukuran kacamata yang Anda kenakan. Namun hal ini kerap sekali diabaikan.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak mata yang harus Anda hindari. Segera periksakan ke dokter jika Anda mengalami keluhan-keluhan pada mata. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung…

Simak juga artikel lainnya:

Salam Sehat, by:

www.penyakittipes.web.id

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *