Faktor Penyebab Degenerasi Makula

20 Mar

Faktor Penyebab Degenerasi Makula,- Degenerasi makula atau istilah medis dikenal dengan age-related macular degeneration, adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan menurunnya penglihatan pusat. Makula sendiri merupakan bagian dari retina yang berfungsi sebagai reseptor sinyal cahaya, yang kemudian akan dihantarkan ke otak.

Faktor Penyebab Degenerasi MakulaAge-related macular degeneration (ARMD) merupakan degenerasi makula yang timbul pada usia lebih dari 50 tahun. Penyakit ini ditandai dengan adanya drusen, hiperpigmentasi atau hipopigmentasi, neovaskularisasi (timbulnya pembuluh darah baru), dan perdarahan sub-retina.

Degenerasi makula merupakan penyebab gangguan penglihatan paling umum di negara-negara maju. Di asia sendiri, sekitar 6 dari 100 orang ditemukan menderita degenerasi makula.

Terdapat dua jenis degenerasi makula, yaitu:

  • Degenerasi makula kering

Biasanya diawali dengan munculnya penumpukan zat sisa di bawah retina yang disebut drusen. Penumpukan drusen yang semakin banyak akan memengaruhi penglihatan. Jika terus dibiarkan, maka dapat menyebabkan terjadi degenerasi dan menipisnya sel yang berada pada lapisan bagian luar retina.

  • Degenerasi makula basah

Umumnya berkaitan dengan menurunkan kondisi lapisan bagian luar retina. Hal ini terjadi karena tumbuhnya pembuluh darah baru yang rapuh di belakang lapisan makula. Pembuluh darah rapuh ini cenderung mudah bocor dan mengeluarkan darah atau cairan yang menyebabkan jaringan parut di makula. Degenerasi makula basah bisa memengaruhi penglihatan pusat lebih cepat dari degenerasi makula kering, yaitu dalam hitungan minggu hingga bulan.

Penyebab Degenerasi Makula

Penyebab dari degenerasi makula masih belum diketahui secara pasti. Namun terdapat dua hipotesis yang mencoba menjelaskan proses terjadinya penyakit ini, yaitu teori penuaan dan teori kerusakan oksidatif.

Seiring dengan proses penuaan, terdapat penimbunan lipofusin di dalam epitel pigmen. Lipofusin ini menghambat degradasi makromolekul seperti protein dan lemak, dan hasil akhirnya berupa kematian dari sel epitel pigmen retina.

Selain itu, teori kerusakan oksidatif juga berperan pada penyakit ini. Radikal bebas berperan dalam terjadinya stres oksidatif dan menyebabkan kerusakan sel.

Faktor Risiko Degenerasi Makula

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkenanya penyakit degenerasi pada mata antara lain:

1. Bertambahnya umur. Seiring dengan bertambahnya umur, maka risiko untuk terkena penyakit ini semakin meningkat pula. Degenerasi makula biasanya terjadi pada orang yang berumur lebih dari 60 tahun.

2. Memiliki anggota keluarga yang menderita degenerasi makula. Apabila Anda memiliki anggota keluarga atau sanak saudara yang menderita degenerasi makula, maka risiko bagi Anda untuk terkena penyakit yang sama juga semakin tinggi.

3. Ras kulit putih. Degenerasi makula lebih sering terjadi pada ras Kaukasia dibandingkan ras lain, terlebih lagi individu dengan ras Kaukasia yang berumur lebih dari 75 tahun.

4. Wanita. Wanita lebih mudah terkena degenerasi makula dibandingkan pria.

5. Merokok. Merokok meningkatkan risiko Anda untuk terkena degenerasi makula.

6. Obesitas. Memiliki berat badan yang berlebih juga meningkatkan risiko untuk seseorang terkena degenerasi makula pada usia yang lebih dini.

7. Tidak rajin mengonsumsi buah dan sayuran. Diet yang tidak mencantumkan konsumsi buah dan sayuran dalam kapasitas yang mencukupi akan berpengaruh terhadap peningkatan risiko degenerasi makula.

8. Memiliki tekanan darah yang tinggi. Penyakit yang mempengaruhi kinerja sistem sirkulasi dalam tubuh, seperti darah tinggi berpotensi untuk meningkatkan risiko terkena degenerasi makula.

9. Kadar kolesterol yang tinggi. Kadar kolestrol yang tinggi dalam darah diasosiasikan dengan risiko yang tinggi bagi seseorang untuk mengalami degenerasi makula.

Untuk mencegah dan mengobati degenerasi makula, kami rekomendasikan obat herbal Walatra Sehat Mata Softgel yang sudah terbukti dan teruji khasiatnya. Dengan legalitas yang jelas menjadikan obat mata ini aman dikonsumsi tanpa khawatir menimbulkan efek samping. Untuk Informasi Lebih Lanjut, KLIK >> Obat Herbal Degenerasi Makula

Demikianlah informasi mengenai faktor penyebab degenerasi makula yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung…

Faktor Penyebab Degenerasi Makula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *