Ciri-Ciri Penyakit Degenerasi Makula

28 Mar

Ciri-Ciri Penyakit Degenerasi Makula,- Degenerasi makula atau macular degeneration merupakan gangguan mata yang mempengaruhi kemampuan untuk melihat dan merupakan penyebab utama kebutaan pada orang tua. Penyakit ini umumnya menyerang penderita berusia lebih dari 60 tahun. Perempuan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Macular degeneration memiliki 2 jenis yakni macular degeneration kering dan macular degeneration basah.

Ciri-Ciri Penyakit Degenerasi MakulaSelain jenis kelamin wanita dan usia diatas 50 tahun, faktor risiko lain yang dapat memicu perkembangan degenerasi makula, antara lain:

  • Penderita obesitas
  • Penderita penyakit jantung
  • Penderita hipertensi
  • Etnis Kaukasia (kulit putih)
  • Perokok berat
  • Memiliki anggota keluarga penderita AMD
  • Sinar ultraviolet A dan B yang berasal dari matahari

Tanda-Tanda dan Gejala Degenerasi Makula

Gejala dan ciri yang muncul sangat tergantung pada jenis degenerasi makula. Terdapat tanda-tanda dan gejala yang berbeda:

1. Degenerasi Makula Kering/AMD Kering

AMD kering diawali dengan munculnya penumpukan zat sisa dibawah retina yang disebut drusen. Penumpukan drusen yang semakin banyak akan berpengaruh pada penglihatan. Pada tahap lanjut, hal ini dapat menyebabkan degenerasi dan menipisnya sel yang berada dilapisan bagian luar retina (retinal pigment epithelium/RPE). RPE adalah sel yang menutrisi dan menjaga sel batang dan kerucut dilapisan bagian dalam retina.

2. Degenerasi Makula Basah/AMD Basah

Selain disebabkan oleh menurunnya kondisi RPE, kondisi ini juga disebabkan oleh tumbuhnya pemmbuluh darah baru yang rapuh dari pembuluh darah kecil yang terdapat dibelakang lapisan makula. AMD basah dapat mengganggu penglihtaan pusat dalam waktu yang lebih cepat dari AMD kering yaitu dalam kurun waktu minggu hingga bulan. Bahkan jika terjadi perdarahan, penglihatan dapat hilang secara tiba-tiba dalam hitungan jam atau hari saja.

Ciri-Ciri Penyakit Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah penyakit progresif yang kondisinya akan memburuk seiring waktu meski penderita cenderung tidak merasakan sakit. Gejala AMD akan lebih diketahui jika penyakit ini telah menyerang kedua mata. Gejala awal AMD yang utama adalah memburuknya penglihatan pusat meskipun telah menggunakan kacamata. Penderita kuga merasa kesulitan ketika mengenali tulisan, gambar, wajah dan ekspresi wajah orang lain.

AMD kering membutuhkan waktu 5-10 tahun sebelum mencapai tingkatan parah, sedangkan penderita AMD basah dapat kehilangan penglihatannya lebih cepat. Selain gejala awal, gejala yang mungkin dialami oleh penderita AMD kering adalah:

  • Warna terlihat kurang cerah
  • Kesulitan beradaptasi dengan cahaya yang redup
  • Penglihatan yang samar atau tidak jelas

Sementara penderita AMD basah mungkin akan mengalami gejala tambahan, yaitu;

  • Adanya titik buta (blind spot) pada bidang penglihatan yang akan bertambah luas seiring bertambahnya sel-sel makula yang berdegenerasi.
  • Halusinasi visual pada penderita AMD yang parah, yaitu ketika penderita melihat gambar yang berbeda mulai dari gambar yang sederhana hingga yang rumit, umumnya gambar anak-anak dan binatang.
  • Distorsi visual garis (Garis lurus akan terlihat bergelombang)

Pengobatan Degenerasi Makula

Pengobatan AMD bertujuan untuk memaksimalkan kualitas pengliahtan penderita, meski belum secara pasti apakah pengobatan ini bisa mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit, khususnya AMD kering.

Apakah Anda Mengalami Degenerasi Makula Baik Kering atau Basah ? Sedang Mencari Pengobatan Alternatif yang Efektif, Aman Tanpa Efek Samping ?

Jangan Khawatir, Ini Dia Solusinya…

Ciri-Ciri Penyakit Degenerasi MakulaPesan 2 Botol keatas Hari Ini, FREE ONGKIR KE SELURUH INDONESIA

BISA KIRIM BARANG DULU, BARANG SAMPAI BARU TRANSFER PEMBAYARAN (syarat & ketentuan berlaku)

Ciri-Ciri Penyakit Degenerasi Makula

Itulah informasi mengenai ciri-ciri penyakit degenerasi makula yang harus Anda ketahui dan waspadai. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung…

Baca juga:

Obat Herbal Degenerasi Makula

Obat Herbal Mata Katarak

Posted by: Penyakit Tipes

Ciri-Ciri Penyakit Degenerasi Makula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *