Ciri-Ciri Mata Katarak dan Penyebabnya

3 Feb

Ciri-Ciri Mata Katarak dan Penyebabnya,- Katarak merupakan penyakit mata yang ditandai dengan adanya kabut yang terletak pada lensa mata dan bisa terjadi pada salah satu atau dua mata sekaligus. Penyakit mata ini umumnya terjadi pada orang lanjut usia, baik laki-laki maupun perempuan.

Pada awalnya mata yang terkena katarak akan terlihat seperti mata normal yang sehat. Namun ketika beberapa lapisan putih sudah muncul, maka katarak akan lebih terlihat. Lapisan-lapisan putih yang terus menumpuk pada bagian mata akan menyebabkan katarak.

Ciri-Ciri Mata Katarak dan Penyebabnya

Ciri-Ciri Mata Katarak dan PenyebabnyaBerikut adalah beberapa ciri atau gejala dari mata katarak, antara lain:

1. Lukisan Pada Mata

Pada awalnya ciri-ciri mata katarak akan terbentuk dalam ukuran yang kecil, namun pandangan mata akan sedikit kabur. Jika terus dibiarkan maka pandangan akan kabur, terlihat awan pada mata dan gelap. Lensa mata akan mengalami perubahan warna dan membuat tidak fokus saat melihat lensa mata.

2. Lapisan Kuning atau Coklat

Pada gejala awal mata yang terkena katarak akan terlihat lebih kuning atau coklat. Kondisi ini menyebabkan penderita katarak tidak bisa melihat secara jelas saat malam hari. Pada saat tertentu juga mata tidak akan peka terhadap cahaya lampu.

3. Mata Silau

Biasanya mata yang terkena katarak tidak tahan terhadap cahaya, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari. Orang yang terkena katarak biasanya akan merasa sangat sakit bila terkena cahaya atau lampu.

4. Mata Melihat Cincin di Sumber Cahaya

Apabila mata sudah melihat banyak cincin di sumber cahaya, maka itu adalah pertanda mata terkena katarak. Kondisi ini disebabkan karena cahaya yang masuk kebagian mata menghasilkan difraksi sehingga pantulan yang berasal dari cahaya menyerupai cincin pada bagian sumber cahaya. Penderita katarak dengan ciri ini biasanya ditemukan karena beberapa gangguan seperti diabetes, stroke, dan glaukoma.

5. Pandangan Mata Kabur

Orang yang terkena katarak biasanya merasakan pandangan kabur yang terlihat seperti gangguan mata minus atau gangguan lain. Pada awalnya gejala ini bisa diatasi dengan memakai kacamata, tapi tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama.

6. Pandangan Mata Kuning

Semua orang yang terkena mata katarak akan merasa beberapa bayangan yang tertangkap lensa mata memiliki warna kuning. Beberapa penderita katarak pada awalnya akan melihat warna televisi atau layar komputer mengalami perubahan. Pada dasarnya hal ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke lensa menyebabkan semua warna tidak tertangkap dengan baik.

7. Gambar Menjadi Ganda

Semua orang yang terkena katarak akan melihat bahwa semua objek pandangannya menjadi ganda atau dua. Kondisi difraksi yang terjadi pada bagian lensa menyebabkan pandangan mata tidak terlihat dalam ukuran dan bentuk yang sebenarnya.

Penyebab Mata Katarak

Penyebab katarak belum diketahui secara pasti. Seiring bertambahnya usia, protein yang membentuk lensa mata akan berubah termasuk kandungan airnya. Inilah yang menyebabkan lensa mata yang awalnya bening, berubah menjadi keruh.

Meskipun penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena katarak, yaitu:

  • Paparan radiasi dan sinar UV langsung pada mata dalam waktu yang lama.
  • Faktor usia
  • Faktor genetik
  • Trauma/cedera
  • Penyakit tertentu (diabetes, glaukoma dan hipertensi)
  • Cacat bawaan lahir
  • Konsumsi obat kortikosteroid berdosis tinggi untuk waktu lama
  • Pola makan yang tidak sehat dan kekurangan vitamin
  • Konsumsi alkohol secara rutin dalam jumlah banyak
  • Merokok

Baca juga: Obat Herbal Mata Katarak Tanpa Operasi

Itulah ciri-ciri mata katarak dan penyebabnya yang harus Anda ketahui. Jagalah mata Anda dengan mempertahankan gaya hidup sehat, melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter serta menjaga berat badan guna mencegah penyakit mata katarak.

Semoga bermanfaat…

Salam sehat, by:

www.penyakittipes.web.id

Ciri-Ciri Mata Katarak dan Penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *