Cara Mengurangi Mata Minus dengan Cepat

8 Feb

Cara Mengurangi Mata Minus dengan Cepat,- Menderita mata minus atau rabun jauh memang cukup mengganggu kegiatan sehari-hari, seperti kesulitan untuk melihat objek yang jauh jika tidak menggunakan bantuan kacamata.

Mata minus atau rabun jauh merupakan gangguan pada mata yang dapat menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat suatu objek dengan normal, terutama objek jarak jauh. Pada dasarnya mata minus tidaklah begitu membahayakan, namun walaupun begitu sebaiknya segera atasi jika tidak mata minus akan semakin parah.

Cara Mengurangi Mata Minus dengan Cepat dan Alami

Cara Mengurangi Mata Minus dengan Cepat

Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengurangi mata minus dengan cepat, diantaranya adalah:

1. Makan Makanan yang Baik untuk Mata

Dengan mengkonsumsi sayuran maupun buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A dapat membantu mengatasi mata minus. Beberapa makanan yang dapat menjadi obat mata minus adalah apel, telur, alpukat, ikan salmon, dan berbagai sayuran berwarna hijau. (Baca juga: Manfaat Wortel Untuk Mata, Manfaat Blueberry Untuk Mata)

2. Lepaskan Kacamata

Memakai kacamata ternyata tidak dapat membantu mengurangi mata minus Anda. Gunakan kacamata yang ukuran minusnya setingkat lebih rendah dari minus Anda, agar mata terlatih untuk mengembalikan fokus mata. Jika dirasa jarak yang Anda pandang masih terlihat jelas, maka lepaskanlah kacamata Anda.

3. Latihan Melihat Objek yang Jauh

Tanpa menggunakan kacamata, cobalah untuk melatih mata Anda dengan melihat benda-benda jarak jauh. Latihan ini berguna untuk melatih otot-otot mata Anda agar mengembalikan fokusnya. Cobalah juga melihat pemandangan yang hijau, seperti pergi ke gunung, bukit, melihat sawah atau pohon-pohon. Lakukanlah setidaknya 5-10 menit untuk melatih otot mata Anda.

4. Tatap dan Ikuti Objek Bergerak

Jika Anda sedang berada dijalan raya, cobalah untuk mengamati benda-benda atau orang-orang yang berlalu lalang. Perhatikan dan upayakan agar penglihatan Anda fokus dan tentunya tanpa menggunakan kacamata. Latihan ini juga cukup efektif sebagai bagian dari cara mengurangi mata minus.

5. Istirahatkan Mata

Apabila rutinitas mengharuskan Anda untuk sering menatap layar komputer, biasakan untuk mengistirahatkan mata Anda dengan dengan memandang kejauhan minimal 15 menit setiap jamnya. Hal ini akan dapat mencegah kenaikan mata minus.

6. Terapi Daun Sirih

Daun sirih memiliki berbagai macam khasitanya, diantaranya adalah membuang kotoran, mengobati iritasi, mematikan kuman dan jamur pada mata. Cara untuk melakukan terapi daun sirih adalah:

  • Ambil 2 lembar daun sirih, lalu cuci sampai bersih.
  • Tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur.
  • Pagi harinya, lepas daun sirih (mungkin sudah terlepas sendiri) dan cuci bersih wajah Anda.

7. Lakukan Terapi Lilin

Terapi lilin bisa digunakan untuk membantu mata mengeluarkan kotoran melalui air mata. Caranya adalah:

  • Ambil 1 batang lilin dan nyalakan.
  • Tataplah lillin tanpa banyak berkedip sampai mata Anda mengeluarkan banyak air mata.
  • Lakukan terapi ini kira-kira 4x seminggu.

8. Lakukan Senam Mata

Senam mata sangat baik dilakukan karena dapat melatih kelenturan otot mata, selain itu cara ini merupakan cara mengurangi mata minus yang populer dan paling cepat terasa khasiatnya. Caranya adalah:

  • Tatap lurus ke depan, gerakan pandangan ke arah atas secara perlahan-lahan dan pertahankan selama 10 detik.
  • Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.
  • Lakukan juga poin no 2-3 untuk ke arah bawah, kanan dan kiri.
  • Setelah itu, lakukan gerakan memutar bola mata Anda 360 derajat searah jarum jam selama 2x
  • Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik
  • Lakukan poin no 5, namun kebalikan dari arah jarum jam.
  • Istirahatkan mata Anda dengan teknik eye palming
  • lakukan pada pagi dan sore hari.

9. Lakukan Eye palming

Eye palming merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan mata Anda yang lelah. Caranya gosokan kedua telapak tangan Anda hingga terasa hangat. Setelah itu pejamkan mata Anda dan tempelken kedua telapak tangan tersebut namun jangan sampai bola mata Anda tertekan. Tutuplah dengan rapat agar tidak ada cahaya yang masuk. Ulangilah langkah-langkah tersebut hingga mata Anda rileks dan santai. Anda dapat melakukan trik ini kapan saja setiap mata Anda mulai terasa lelah.

10. Kompres Air hangat

Trik ini tidak jauh berbeda dengan trik eye palming diatas, namun kali ini menggunakan kompresan air hangat. Caranya celupkan kain atau handuk kecil ke dalam air hangat kemudian kompreskan ke area kelopak mata Anda sambil berbaring. Lakukan beberapa kali hingga mata Anda kembali terasa segar.

11. Berjemur

Memanjakan mata dengan berjemur dapat dilakukan dengan cara menutup kedua mata dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga tercukupi.

Baca juga: Walatra Sehat Mata Softgel

Catatan: Cara herbal ini jauh lebih aman dibandingkan menggunakan cara / obat-obatan medis. Meskipun penggunaan obat herbal sedikit lambat akan tetapi kesembuhan yang akan diperoleh jauh lebih baik dan aman tanpa efek samping.

Itulah beberapa cara mengurangi mata minus dengan cepat yang dapat Anda coba dan praktekan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba…

Salam sehat,by : Obat Herbal Mata Minus

Cara Mengurangi Mata Minus dengan Cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *