Cara Mengobati Bisul Kista Pilonidal

11 Apr

Cara Mengobati Bisul Kista Pilonidal,- Kista pilonidal adalah jenis infeksi kulit kronis yang tumbuh di wilayah lipatan bokong. Kista berkembang sebagai reaksi terhadap tumbuhnya rambut atau rambut yang tertanam di kulit.

Hingga kini, penyebab kista pilonidal masih belum diketahui. Namun para ahli percaya bahwa kista pilonidal disebabkan oleh rambut yang menembus kulit. Tubuh menganggap rambut itu zat asing dan respon kekebalan terhadap itu membentuk kista di sekitar rambut.

Cara Mengobati Bisul Kista PilonidalAwalnya, hanya timbul bisul kecil seperti depresi kecil di permukaan kulit. Namun sekali terinfeksi, depresi menjadi bengkak. Ini bisa menjadi kantung tertutup berisi cairan atau abses di mana nanah berkumpul.

Gejala lainnya termasuk rasa sakit, dan ketidaknyamanan ketika duduk atau berdiri, kulit yang meradang, drainase nanah atau darah dari lubang di kulit. Jika infeksi parah, ada kemungkinan gejala demam, malaise atau mual.

Jenis infeks kulit ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Risiko ini lebih tinggi pada orang gemuk, dan mereka yang memiliki rambut tumbuh berlebihan, tebal atau kasar. Gaya hidup yang tidak aktif atau pekerjaan yang membutuhkan duduk lama juga meningkatkan risiko.

Cara Mengobati Bisul Kista Pilonidal

Cara Mengobati Bisul Kista PilonidalBerikut adalah beberapa cara alami untuk mengobati bisul kista pilonidal yang harus Anda ketahui, antara lain:

1. Kompres air hangat

Cara pertama ini adalah cara yang paling mudah yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Kompres air hangat ini bisa membantu meringankan sakit yang sudah parah dan membantu cairan serta nanah di dalam kista cepat mengalir keluar dan segera sembuh, misalnya dengan ciri-ciri bisul akan pecah.

2. Tea tree oil

Tea tree oil merupakan essential oil yang bisa membantu mengobati bisul kista pilonidal secara alami. Minyak ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dan bisa berguna sebagai anti bakteri, anti jamur dan anti inflamasi. Maka, dengan mengoles tea tree oil di area bisul, Anda bisa mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, minyak ini juga bisa mempercepat penyembuhan karena minyak ini bisa menembus jauh ke dalam kulit.

3. Cuka apel

Cuka apel atau apple cider vinegar, juga bisa cara mengobati bisul kista pilonidal. Kemampuan anti inflamasi di cuka apel bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Selain itu, cuka apel juga memiliki kandungan antiseptik dan anti bakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi kulit lebih parah.

4. Garam Epsom

Garam epsom mengandung magnesium sulfat yang berguna untuk mempercepat penyembuhan bisul. Zat ini bisa membantu menghilangkan nanah dari kista, sehingga rasa sakit bisa segera reda dan kista pun bisa cepat sembuh.

5. Minyak jarak

Minyak jarak mungkin tidak lagi terlalu sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi ternyata minyak jarak bisa sangat membantu mengurangi rasa sakit akibat bisul yang tumbuh dan bisa mengurangi peradangan kulit.

6. Bawang putih

Selanjutnya, bawang putih yang mungkin sudah sangat kita kenal khasiatnya sebagai bahan obat alami, seperti manfaat bawang putih untuk kutil kelamin. Sifat antibiotik dan anti jamur di bawang putih sangat ampuh untuk mengobati bisul dari dalam.

7. Lidah buaya

Cara mengobati bisul kista pilonidal selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya ini adalah salah satu tumbuhan yang berkhasiat untuk kulit, yaitu bisa membantu menenangkan kulit yang radang dan mempercepat penyembuhan bisul.

8. Kunyit

Kunyit mungkin sudah sangat kita kenal sebagai bumbu masakan dan bahan pembuatan jamu. Hal ini tiak mengherankan karena ternyata senyawa kurkumin di dalam kunyit memiliki kemampuan penyembuhan penyakit. Salah satunya adalah sebagai anti inflamasi yang bisa mengurangi peradangan dan nyeri.

9. Teh hitam

Teh hitam memiliki properti asam di dalamnya yang bisa mencegah perkembangan kista menjadi parah. Kandungan ini mampu menjaga agar tidak terjadi infeksi di tempat munculnya kista.

Cara-cara di atas adalah cara mengobati bisul kista pilonidal secara alami yang bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah. Akan tetapi, jika cara-cara tersebut dirasa kurang efektif untuk mengobati kista yang muncul, Kami rekomendasikan Obat herbal QnC Jelly Gamat yang TERBUKTI AMPUH membantu mengobati kista pilonidal secara alami dengan REAKSI CEPAT tanpa efek samping. Untuk Info Lebih Lengkap Klik >> Obat Herbal Kista Pilonidal

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan lekas sembuh…

Cara Mengobati Bisul Kista Pilonidal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *