Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Berlebihan

4 Mei

Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Berlebihan,- Pada sebagian wanita terbiasa mengonsumsi obat pereda nyeri saat mengalami kondisi tersebut. Namun, jika obat tersebut terus dikonsumsi, dapat menyebabkan ketergantungan dan beberapa efek samping pada tubuh. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara mengatasi nyeri haid berlebihan secara alami. Yuk simak penjelasannya berikut ini !!

Haid atau menstruasi merupakan siklus bulanan yang rutin dialami oleh setiap perempuan yang telah memasuki masa pubertas. Nyeri haid atau disminorea adalah kondisi dimana otot mengalami kram yang dirasakan pada perut bagian bawah, terkadang juga dapat menyebar ke bagian punggung dan paha. Nyeri biasanya akan dirasakan sebelum mentruasi dan juga selama mentruasi. Rasa nyeri yang berlebihan saat haid membuat sebagian wanita sering tidak bisa beraktifitas karena nyeri perut yang tidak tertahankan. Biasanya, nyeri haid akan bertahan selama 2-4 hari. (Baca juga: Penyebab Nyeri Haid Hari Pertama)

Cara Mengatasi Nyeri Haid yang BerlebihanNyeri haid yang dialami oleh kebanyakan wanita sering kali disamakan dengan sindrom pramenstruasi atau PMS. Namun, sebenarnya kedua kondisi tersebut berbeda. Meskipun berbeda tetapi gejala yang ditimbulkan pada kedua kondisi tersebut saling berkaitan. Seiring bertambahnya usia dan memiliki anak, gejala nyeri haid akan berangsur-angsur sembuh dan tidak mengalaminya lagi. Meski demikian, rasa nyeri ini juga tentu dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari sehingga harus segera diatasi.

Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Berlebihan Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri haid, antara lain:

1. Kompres Hangat

Kompres hangat menjadi salah satu cara alternatif untuk meredakan nyeri saat haid. Caranya, tempelkan botol atau kantung karet yang berisi air hangat di dalamnya. Bisa juga menggunakan handuk yanng direndam dalam air hangat, disertai dengan pijatan lembut pada daerah perut yang terasa nyeri. Kompres ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot disekitar perut lebih rileks sehingga rasa nyeri berkurang.

2. Lakukan Pemijatan Ringan

Melakukan pemijatan lembut dibagian perut bawah ketika haid dapat membantu meringankan nyeri haid. Sebelum melakukan pemijatan, Anda bisa menggunakan minyak bayi atau krim yang memiliki aroma relaksasi yang dapat memberikan rasa hangat dan nyaman dibagian yang terasa nyeri. Lakukan proses pemijatan secara perlahan, dengan cara memutar telapak tangan searah dengan jarum jam.

3. Minum Air Hangat

Mengonsumsi minuman hangat bisa memberikan rasa nyaman ketika haid. Cara ini sangat efektif untuk membantu meringankan rasa nyeri haid berlebih, pastikanjuga Anda tidak minum alkohol, muniman berkafein dan minuman yang mengandung banyak gula. Hal ini dikarena, beberapa jenis minuman tersebut justru akan memperparah rasa nyeri haid berlebih yang Anda derita.

4. Mengatur Pola Makan

Pastikan anda tidak melawatkan makan. Karena jika anda tidak makan tepat pada waktunya, maka dapat memperuruk rasa nyeri. Jika anda takut gemuk, maka triknya adalah dengan mengatur porsi makan dengan porsi kecil namun sering. Pastikan anda juga mengonsumsi makanan yang sehat terutama yang mengandung kadar kalsium tinggi. Seperti halnya susu dan produk susu lainnya, biji wijen, kacang almond, sayuran berwarna hijau dan berbagai jenis buah-buahan. Hindari makanan berlemak tinggi, bahan pengawet, minuman bersoda dan beberapa jenis makanan yang mengandung kalori tinggi karena beberapa jenis makanan tersebut di anggap justru dapat memperburuk kondisi Anda.

5. Mengatur Posisi Tubuh yang Nyaman

Meski terdengar sepele, namun hal ini dapat menjadikan tubuh refleks secara alami dan naluriah mencari posisi yang akan meringankan nyeri tubuh. Namun dalam beberapa kondisi tertentu, seiring hebatnya rasa nyeri yang di derita, sekalipun telah menemukan posisi terbaik untuk meringankan rasa nyeri, hal tersebut tidak sama sekali membantu. Jika demiakian, cobalah untuk mencari posisi berbaring dengan memposisikan kaki sedikit di angkat, dan kaki dapat di ganjal dengan bantal atau benda lainnya. Adapun cara berbarimng kalinnya bisa di lakukan dengan posisi miring atau dengan lutut di tekuk.

6. Melakukan Relaksasi

Metode relaksasi seperti yoga, mandi air hangat dan mendengarkan alunan musik lembut juga bisa di lakukan untuk mengatasi nyeri haid yang anda alami. Hal tersebut bertujuan untuk menurunkan tekanan darah supaya bisa meringankan rasa nyeri. Untuk mencapai relaksasi tersebut sebaiknya anda menghindari berbagai hal pencetus tekanan bagi anda (stressor) dan memilih kegiantan yang anda sukai masing-masing.

7. Melakukan Pola Hidup Sehat

Menghindari mengonsumsi makan junk food, berolahraga secara tertur serta berhenti merokok adalah sebagai dari rangkaian melakukan pola hidu sehat. Hal ini tentunya dapat membantu mengurangi rasa nyeri haid secara alami dan signifikan. Pasalnya makanan jenis junk food atau cepat saji sendiri umumnya membuat perut kembung dan tubuh menahan air, sehingga kondisi anda semakin memburuk. Sama seperti halnya mengonsumsi makanan junk food, wanita yang merokok juga biasanya dapat mengalami nyeri haid yang lebih parah dari pada wanita yang tidak merokok. Adapun olahraga yang bisa anda lakukan adalah berbagai olahraga yang anda sukai seperti berenang, bersepeda atau sebatas berjalan cepat di lingkungan sekitar.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan yang wajib Anda tahu dan coba lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba….

Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Berlebihan Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *