Cara Mengatasi Gatal Karena Alergi

26 Jun

Cara Mengatasi Gatal Karena Alergi,- Alergi merupakan sebuah respon sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu zat yang dianggap berbahaya meski sebenarnya tidak berbahaya. Zat pemicu alergi atau Alergen hanya akan berdampak pada orang yang memiliki alergi tersebut. Pada orang lain, alergen tersebut tidak akan memicu reaksi kekebalan tubuh.

Cara Mengatasi Gatal Karena AlergiAlergi dapat disebabkan oleh beberapa hal penyebab. Beberapa jenis substansi yang dapat menyebabkan reaksi alergi meliputi gigitan serangga, tungau debu, bulu hewan, obat-obatan, makanan tertentu, serta serbuk sari.

Saat tubuh pertama kali berpapasan dengan sebuah alergen, tubuh akan memproduksi antibodi karena menganggapnya sebagai sesuatu yang berbahaya. Jika tubuh kembali kontak dengan alergen yang sama, tubuh akan meningkatkan jumlah antibodi terhadap jenis alergen tersebut. Hal inilah yang memicu pelepasan senyawa kimia dalam tubuh (histamin) dan menyebabkan gejala-gejala alergi.

Gejala-gejala yang Muncul Saat Alergi

Ada beberapa gejala alergi yang umum terjadi, antara lain:

  • Bersin-bersin.
  • Batuk-batuk.
  • Sesak napas.
  • Ruam pada kulit.
  • Hidung beringus.
  • Terjadi pembengkakan di bagian tubuh yang berpapasan dengan alergen, misalnya wajah, mulut dan lidah.
  • Gatal dan merah pada mata.
  • Mata merah, berair.
  • Sakit perut, muntah-muntah, atau diare

Tingkat keparahan alergi pada tiap orang berbeda-beda, ada yang mengalami reaksi alergi ringan dan ada yang parah sampai berakibat fatal yang disebut dengan anafilaksis.

Cara Mengatasi Gatal Karena Alergi

Cara paling ampuh dalam mencegah alergi adalah menghindari pemicu alergi. Namun, bagi Anda yang alerginya kambuh, berikut adalah beberapa tips dan cara sederhana untuk mengatasi gatal akibat alergi, antara lain:

1. Jangan digaruk

Pertolongan pertama yang paling tepat saat muncul gatal karena alergi adalah jangan menggaruknya. Rasa gatal karena alergi memang sangat mengganggu dan pasti membuat Anda ingin segera menggaruknya. Namun jangan lakukan hal ini untuk kebaikan kulit Anda. Hal ini justru akan membuat alergi gatal semakin parah bahkan meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada kulit.

2. Gunakan salep atau krim pereda gatal

Salep atau krim dengan kandungan hidrokortison akan meredakan atau mengurangi gatal karena alergi yang Anda derita. Anda juga bisa gunakan Gunakan lotion calamine.

3. Mandilah dengan air dingin

Mandi dengan air dingin dapat mengurangi ruam pada kulit atau Anda bisa juga menggunakan kompres air dingin pada kulit yang gatal karena alergi. Setelah itu, keringkan kulit dengan handuk bersih kemudian gunakan pelembap. Jangan mandi dengan air hangat karena dapat memperparah gejala alergi kulit.

4. Gunakan pakaian yang longgar dan lembut

Pakaian yang ketat dapat memperburuk rasa gatal pada kulit. Anda bisa memakai pakaian dari bahan katun yang dingin dan nyaman di kulit. Hindari juga pakaian berbahan wol karena dapat memperparah gatal karena alergi Anda.

5. Konsumsi QnC Jelly Gamat

Cara Mengatasi Gatal Karena AlergiQnC Jelly Gamat adalah ramuan obat herbal Asli Indonesia yang terbuat dari 100% bahan-bahan alami yang memiliki khasiat dan manfaat yang sangat bagus untuk membantu menghilangkan rasa gatal pada kulit akibat alergi.

Selain dapat menghilangkan gatal, QnC Jelly Gamat juga dapat mengatasi gejala dari alergi secara efektif dan cepat, mencegah datangnya komplikasi dan menyembuhkan SAMPAI TUNTAS.

QnC Jelly Gamat sudah teruji dan TERBUKTI AMPUH dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit alergi yang di derita oleh anak-anak, dewasa hingga ibu hamil dan menyusui sekalipun tanpa menimbulkan efek samping apapun.

Info Pemesanan Klik >> Obat Alergi Terlaris

Itulah informasi mengenai cara mengatasi gatal karena alergi yang dapat kami sampaikan. Ingat! Hindari menggaruk ruam gatal secara terus menerus karena bisa berujung pada infeksi kulit dan menghambat proses penyembuhan.

Semoga bermanfaat dan lekas sembuh…

Cara Mengatasi Gatal Karena Alergi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *