Buah-Buahan yang Baik Untuk Mata Minus

17 Feb

Buah-Buahan yang Baik Untuk Mata Minus,- Mata minus atau dalam istilah medis dikenal dengan myopia merupakan salah satu jenis penyakit mata yang terjadi akibat menurunnya fungsi mata dalam melihat jarak jauh. Oleh karena itu, penyakit ini sering juga dikenal dengan rabun jauh.

Gangguan mata ini umumnya disebabkan oleh faktor keturunan. Akan tetapi gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menyebabkan terjadinya mata minus, seperti terlalu lama menatap layar komputer/laptop atau membaca buku sambil tiduran, serta kurangnya mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Untuk terhindar dari mata minus, kita harus menjaga atau mencegah mata minus sejak dini, salah satunya dengan menjalankan gaya hidup sehat. Pada umumnya mata minus atau rabun jauh dapat diatasi dengan menggunakan kacamata. Namun penggunaan kacamata tidaklah menyembuhkan, akan tetapi hanya memperjelas penglihatan saja.

Buah-Buahan yang Baik Untuk Mata Minus

Buah-Buahan yang Baik Untuk Mata MinusBagi Anda yang sedang mengalami mata minus, mengkonsumsi buah-buahan sangat dianjurkan. Karena buah-buahan mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan mata. Bahkan kandungan yang terdapat dalam buah-buahan dipercaya dapat membantu mengatasi mata minus. Berikut adalah beberapa buah-buahan yang baik untuk menurunkan mata minus secara alami.

1. Tomat

Selain dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, ternyata tomat juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan gizi tomat antara lain vitamin C, vitamin A, dan likopen yang merupakan nutrisi untuk membantu mempertahankan kesehatan mata.

2. Blueberry

Blueberry mengandung betakaroten, vitamin C, zat besi, kalium, kaya silikon. Blueberry dapat meningkatkan sirkulasi ke otak dan ekstremitas dan khususnya meningkatkan sirkulasi ke mata. Blueberry telah digunakan dalam pengobatan pengobatan untuk kelemahan mata, katarak, glaukoma, retinopati diabetik, degenerasi makula, mata minus (rabun jauh) dan rabun senja. (Baca juga: Khasiat Blueberry Untuk Mata)

3. Alpukat

Alpukat memiliki banyak sumber nutrisi penting yang dibutuhkan oleh mata, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin E. Selain itu alpukat juga mengandung banyak lutein dibandingkan dengan buah lainnya. Lutein ini berguna untuk mencegah degenerasi makula terkait usia dan katarak.

4. Buah Berries

Sama halnya seperti blueberry, buah ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu buah ini juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dimana kandungan antioksidan tersebut dapat menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula dan katarak. Untuk itu rajinlah mengkonsumsi buah ini untuk mencegah kerusakan pada mata.

5. Kiwi

Buah kiwi ternyata memiliki khasiat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Kandungan karotenoid dan lutein yang tinggi pada buah kiwi berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan gangguan pada mata.

6. Jambu Biji

Jambu biji merah maupun putih memiliki kandungan betakaroten dan vitamin yang cukup tinggi yang bagus untuk kesehatan mata. Didalam jambu biji terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Buah yang kaya akan vitamin C sangat bagus untuk membantu meningkatkan kesehatan mata. Selain itu jambu merah juga bisa menjadi sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

7. Anggur

Buah memiliki beberapa jenis yaitu anggur merah, hijau dan hitam. Mengonsumsi anggur dapat melindungi retina dan merawat kesehatan mata dengan baik. Kandungan dalam buah anggur dapat mencegah terjadinya penyakit makula, salah satu jenis penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan. (Baca juga: Manfaat Ekstrak Biji Anggur Untuk Mata)

8. Jeruk

Jeruk sangat kaya akan vitamin C nya. Kandungan antioksidan yang dimlikinya berkhasiat untuk menurunkan mata minus, sebagai pelindung mata dari kerusakan, degenerasi dan penuaan. Sedangkan senyawa flavonoidnya memberi perlindungan terhadap mata dari iritasi dan infeksi.

9. Semangka

Buah semangka mengandung banyak nutrisi vitamin A, C, lutein, zeaxanthin, dan betakaroten. Konsumsi semangka akan membantu mencegah mata terkena gangguan rabun. Semangka juga akan mencegah pengeringan air mata, silinder dan glaukoma.

10. Belimbing

Buah belimbing memiliki senyawa betakaroten yang bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan mata. Senyawa yang terdapat dalam buah belimbing tersebut dapat diubah menjadi retinol dan vitamin A yang secara langsung baik untuk penyembuhan mata minus dan mencegah kerusakan mata.

11. Wortel

Vitamin A dalam wortel sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Dimana penglihatan mata menjadi lebih jelas dan penglihatan saat gelap atau pada malam hari menjadi lebih tajam. Wortel juga melindungi mata dari penyakit katarak yang biasanya di pengaruhi oleh usia. (Baca juga: Manfaat Wortel Untuk Mata)

Itulah beberapa buah-buahan yang baik untuk mata minus yang dapat Anda dikonsumsi. Semoga bermanfaat…

Baca juga:

Walatra Sehat Mata Softgel

Pengobatan Mata Minus

Buah-Buahan yang Baik Untuk Mata Minus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *