Benjolan Di Ketiak Sakit Bila Ditekan

8 Mei

Benjolan Di Ketiak Sakit Bila Ditekan,- Pernahkah Anda tidak sengaja meraba ketiak dan menemukan benjolan di sana ? Bagi Anda yang memiliki benjolan di ketiak, sangat wajar jika merasa khawatir. Apalagi benjolan di ketiak terasa sakit bila ditekan. Tapi jangan panik, pada kebanyakan kasus, ini bukanlah masalah serius dan biasanya tidak lebih dari sekedar pembengkakan kelenjar getah bening.

Namun demikian, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika benjolan itu menimbulkan ketidaknyamanan dan begitu menyakitkan. Dokter akan membantu mencari penyebabnya dan menentukan pengobatan apa yang tepat.

Benjolan Di Ketiak Sakit Bila DitekanBenjolan di ketiak bisa muncul karena terjadi pembesaran pada kelenjar getah bening di bawah lengan Anda. Kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang terdapat di seluruh tubuh dan berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Saaat meraba ketiak, Anda bisa merasakan benjolan itu terdapat dalam bentuk yang sangat kecil, atau mungkin bisa lebiih besat dan terasa sekali saat diraba.

Kebanyakan benjolan di ketiak merupakan hal yang tidak berbahaya. Benjolan ini sering muncul karena pertumbuhan jaringan yang tidak normal. Namun begitu, benjolan ketiak juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang lebih serius.

Apa Penyebab Benjolan Di Ketiak ?

Benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kista atau infeksi, misalnya karena Anda sering mencukur bulu ketiak. Namun, benjolan ini juga dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius.

Beberapa penyebab umum dari benjolan di ketiak adalah:

  • Fibroadenoma, merupakan pertumbuhan jaringan ikat fibrosa bukan kanker Infeksi bakteri atau virus
  • Lipoma, di mana terjadi pertumbuhan jaringan lemak yang tidak berbahaya
  • Kista
  • Limfoma
  • Kanker payudara
  • Leukimia
  • Lupus
  • Infeksi jamur
  • Reaksi alergi terhadap deodoran atau sabun
  • Reaksi merugikan karena vaksinasi

Baca juga: Ciri-Ciri Benjolan Di Ketiak

Benjolan Di Ketiak Sakit Bila Ditekan, Berbahayakah ?

Terasa nyeri jika ditekan menandakan bahwa benjolan tersebut mengalami peradangan atau bahkan infeksi. Salah satu kekhawatiran mengenai penyebab benjolan di ketiak adalah apakah itu kanker atau sesuatu yang lain. Kanker dari payudara dapat menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak dan menimbulkan benjolan.

Pada saat terjadi infeksi, kelenjar getah bening akan membengkak untuk memberikan tanda. Setelah infeksi mereda, kelenjar getah bening akan mengempis dengan sendirinya.

Namun Anda perlu mewaspadi dan segera melakukan pengobatan yang serius jika timbulnya rasa sakit saat menekan benjolan di ketiak di ikuti dengan kondisi benjolan semakin besar, mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis dan nyeri semakin bertambah. Hindari memencet/ menekan benjolan Anda dan untuk mengurangi rasa nyeri Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri.

Demikianlah informasi mengenai benjolan di ketiak sakit bila ditekan, semoga bermanfaat…

Benjolan Di Ketiak Sakit Bila Ditekan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *