Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Diare

10 Nov

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Diare,- Diare merupakan gangguan pada sistem pencernaan dimana gejala yang dialami adalah perut melilit, mulas dan sering buang air besar hingga 8 kali dalam sehari. Pada umumnya penderita diare akan mengalami kekurangan cairan elektrolit pada tubuh.

(* Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Diare

Tubuh yang mengalami diare berisiko mengalami dehidrasi atau gangguan kesehatan lainnya. Untuk itu terdapat beberapa makanan yang dapat membantu proses penyembuhan diare dan ada beberapa makanan yang justru menambah parah diare.

Anjuran Makanan Penderita Diare

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Diare

  • Makanan yang baik dikonsumsi penderita diare adalah makanan yang mudah dicerna seperti pisang, kentang rebus, yoghurt, roti, teh, apel, saus apel, sereal, beras dan jelly. Makanan tersebut sangat dianjurkan untuk penderita diare karena memiliki kandungan karbohidrat, mineral dan vitamin penting yang mudah untuk dicerna.
  • Selain makanan, penderita diare juga membutuhkan asupan cairan seperti air putih, campuran air gula dan garam, jus, kuah kaldu dan kuah sayur bening. . Asupan cairan tersebut sangat baik dikonsumsi oleh penderita diare.

Pantangan Makanan Penderita Diare

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita DiareSelain mengetahui anjuran makanan diatas, penderita diare juga harus mengetahui makanan apa saja yang menjadi pantangan penderita diare. Berikut adalah pantangan makanan penderita diare yang harus dihindari, antara lain:

  • Makanan Berlemak

Makanan berlemak yang dimaksud baik berupa daging-dagingan bergajih, juga termasuk goreng-gorengan serta makanan yang berminyak lainnya. Saluran pencernaan memerlukan usaha yang lebih besar untuk mencerna makanan berlemak, yaitu perlu di emulsikan dulu dengan cairan empedu.

  • Makanan Pedas

Bagi penderita diare sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mempunyai rasa pedas berlebih. Entah rasa pedas itu berasal dari cabe, merica bahkan zat kimia penambah rasa pedas buatan. Bahaya makanan pedas ini akan membuat lambung akan bermasalah dan pergerakan usus akan terganggu.

  • Buah dengan Rasa Asam

Buah yang mempunyai rasa asam berlebih seperti jeruk, lemon, kiwi dan beragam jenis buah lainnya tidak boleh dikomsumsi selama mengalami diare. Sifat asam yang terdapat pada buah ber-citrus ini dapat menyebabkan stress pada saluran pencernaan.

  • Susu dan Produk olahan susu lainnya

Kandungan laktosa yang terdapat pada susu dapat menyebabkan alergi berupa gejala diare itu sendiri. Untuk itu, tidak dianjurkan mengkonsumsi beragam olahan yang mengandung susu terkecuali yogurt.

  • Alkohol dan Kafein

Alkohol dan kafein bersifat diuretik, yaitu menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan lewat berkemih. Hal ini dapat memperparah ancaman dehidrasi yang mengintai. Selain itu, kafein juga memiliki efek mempercepat gerakan usus, suatu kondisi yang sebaiknya justru dihindari selama diare.

  • Sorbitol dan Pemanis Buatan

Jenis makanan yang mengandung sorbitol dan pemanis buatan sangat tidak baik bagi pencernaan dan dapat menambah parah gejala diare. Hal ini disebabkan karena pemanis buatan mempunyai sifat pencahar. Contoh makanan olahan yang menggunakan sorbitol dan pemanis buatan dalam pembuatannya yakni minuman kemasan, beragam jenis permen, dan makanan cemilan.

  • Makanan yang menyebabkan gas berlebih

Memang sangat penting makan banyak buah-buahan dan sayuran setiap hari. Namun, ketika terjadi diare, maka kita harus menghindari makanan yang dapat meningkatkan gas dalam saluran pencernaan, seperti kubis atau kol, kacang-kacangan, brokoli, dan kembang kol.

Itulah artikel mengenai anjuran dan pantangan makanan penderita diare yang dapat harus Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung…

 

Salam sehat, by: Obat Herbal Diare

 

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Diare

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *