13 Ciri Ciri Penyakit Gagal Ginjal Awal

27 Nov

13 Ciri Ciri Penyakit Gagal Ginjal Awal,- Gagal ginjal merupakan kondisi dimana ginjal tidak mampu lagi bekerja secara normal untuk menyaring zat-zat dalam darah. Adanya kondisi atau penyakit tertentu seperti diabetes dan hipertensi yang memberikan tekanan pada ginjal menjadi penyebab terjadinya penyakit ginjal.

13 Ciri Ciri Penyakit Gagal Ginjal AwalGagal Ginjal adalah suatu jenis penyakit yang menyerang ginjal yang sangat berbahaya. Gagal ginjal sendiri memiliki beberapa fase gejala gejala awal yang diderita oleh penderita penyakit ini. Biasanya gejala awal yang diderita oleh penderita penyakit ini adalah menurunnya fungsi ginjal, fungsi ginjal menurun sekitar 20%. Namun, apabila gejala-gejala di awal ini tidak diperhatikan dengan serius maka bisa saja kerusakan pada ginjal akan semakin menjadi parah.

13 Ciri Ciri Penyakit Gagal Ginjal Awal

Berikut ada beberapa ciri-ciri penyakit gagal ginjal awal yang harus diwaspadai, yaitu:

1. Perubahan Buang Air Kecil

Ginjal bekerja keras sepanjang hari untuk menghasilkan urin. Oleh karena itu, ketika ia tidak bekerja secara normal, maka yang langsung dapat kita amati adalah adanya perubahan atau tanda-tanda abnormal pada urin.

  • Sering Kencing. Gejala pertama dan terpenting adalah sering buang air kecil, terutama pada malam hari, mungkin merupakan indikasi awal bahwa seseorang bisa menderita gagal ginjal.
  • Perubahan warna Urin. Hal lain yang dapat kita lihat adalah warna urin; yang biasanya berwarna kuning jernih menjadi keruh atau kuning keckolatan. Penting juga untuk diperhatikan bahwa orang-orang yang banyak minum air putih sepanjang hari mungkin memiliki warna lebih terang dari urin, itu tidak harus jelas, melainkan redup kuning.
  • Urin berbusa. Perubahan lain dalam buang air kecil yaitu urin berbusa, atau hampir tampak seolah-olah berbuih.
  • Kencing Berdarah. Darah dalam urin juga merupakan tanda-tanda bahwa ginjal berada dalam kesulitan.

2. Tubuh Bengkak

Tubuh bengkak disebabkan oleh adanya cairan yang menumpuk diginjal akibat kegagalan fungsi ginjal sehingga terdapat tumpukan zat zat yang tidak berguna sehingga membuat tubuh menjadi bengkak.

3. Gatal

Kelebihan zatzat yang tidak berguna di dalam tubuh akan menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh manusia. Hal ini disebabkan racun yang seharusnya di buang dari dalam tubuh justru menumpuk di dalam tubuh.

4. Tubuh Mudah Lelah

Tubuh mudah lelah karena kekurangan darah disebabkan terjadinya anemia. Sel darah merah bekerja untuk metabolisme, sehingga tubuh akan menjadi sangat lelah karena produksi sel darah merah tidak mencukupi.

5. Gangguan Memori

Gangguan memori akibat gagal ginjal terjadi akibat kurangnya konsentrasi yang diikuti oleh pusing yang disebabkan oleh peningkatan kadar racun dalam darah karena kerusakan ginjal. Kondisi ini tidak berdiri sendiri, jadi harus diperhatikan adanya ciri-ciri gagal ginjal yang lainnya.

6. Bau Mulut

Fungsi ginjal adalah menyaring zat-zat yang masih berguna bagi tubuh dan mengeluarkan zat zat yang tidak berguna lagi bagi tubuh. Kerusakan ginjal akan menyebabkan fungsi filtrasi ini rusak sehingga banyak zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh sehingga dapat menyebabkan produksi amonia dalam tubuh meningkat dan dapat menyebabkan bau mulut.

7. Mual dan Muntah

Gejala ini biasanya disertai dengan bau mulut yang sangat kuat. Gejala bau mulut yang cukup berat bisa menyebabkan mulut menjadi tidak nyaman. Tubuh penderita akan lebih terasa lemah karena nafsu makan juga akan menurun drastis. Bahkan keinginan muntah bisa bertahan sepanjang waktu hingga sama sekali tidak bisa makan. (Baca juga:  Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal)

8. Demam Tinggi

Demam tinggi merupakan ciri ciri gagal ginjal awal. Tubuh yang berada dalam kondisi suhu tubuh yang tinggi merupakan gejala awal dari berbagai penyakit. Demam yang tinggi disebabkan adanya infeksi bakteri yang menyerang salah satu atau beberapa organ tubuh manusia termasuk ginjal.

9. Kesulitan Bernafas

Kesulitan bernafas merupakan salah satu ciri ciri gagal ginjal awal. Kesulitan bernafas disebabkan oleh adanya cairan yang menumpuk di dalam tubuh manusia dikarenakan ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya sebagai alat penyaring zat zat di dalam tubuh.

10. Rasa Logam di Mulut

Kanker, diabetes, defiensi vitamin B-12, kekurangan seng, hiperparatiroidisme, gagal ginjal adalah beberapa penyakit sistemik yang memicu rasa logam dalam mulut.Rasa logam juga umum muncul saat seseorang selesai menjalani sesi kemoterapi.

11. Nyeri Pinggang

Flank area adalah daerah pinggang kanan dan kiri bertepatan dengan perut bagian atas sampai tengah di sisi pinggir kanan dan kiri. Lokasi ini bertepatan dengan keberadaan ginjal, dan ketika ada nyeri di daerah ini, maka patut dicurigai adanya gangguan ginjal berat.

12. Sulit Tidur

Biasanya penderita gagal ginjal pada tahap awal akan merasakan gejala sulit tidur. Ginjal sudah mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menyaring cairan dengan benar, yang menyebabkan banyak racun dalam tubuh. Tubuh akan merasa tidak nyaman karena tekanan cairan dalam tubuh dan membuat tubuh tidak bisa istirahat dengan benar.Pada penderita gagal ginjal yang mengalami obesitas dan komplikasi penyakit kronis maka gejala bisa lebih parah.

13. Mata Bengkak

Ternyata tidak hanya tubuh saja yang dapat bengkak, ternyata bagian wajah terutama sekitar mata akan bisa membengkak akibat penumpukan protein yang berlebih yang ada di dalam tubuh.

Cara Mencegah Gagal Ginjal

  • Mengurangi asupan garam
  • Jangan menahan buang air kecil
  • Minum banyak air setiap hari
  • Makan dengan benar
  • Minum-minuman yang sehat
  • Olahraga rutin
  • Hindari alkohol dan merokok

Cara Mengobati Gagal Ginjal

Untuk mengobati gagal ginjal kami sarankan untuk menggunakan cara alami yaitu dengan QnC Jelly Gamat yang sudah TERBUKTI AMPUH dalam mencegah, mengatasi, dan mengobati gagal ginjal secara alami tanpa efek samping. 100% Aman dan Terpercaya

13 Ciri Ciri Penyakit Gagal Ginjal AwalItulah 13 ciri ciri penyakit gagal ginjal awal yang harus Anda ketahui dan waspadai. Semoga bermanfaat…

13 Ciri Ciri Penyakit Gagal Ginjal Awal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *